Selamatkan Generasi Muda, Sat Binmas Polres Sawahlunto Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Pelajar

Sawahlunto, beritaterbit.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) senantiasa berkomitmen memberantas bahaya penyalahgunaan Narkoba guna menyelamatkan generasi muda penerus Bangsa. Sebagaimana diketahui, Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Berbahaya Addiktif lainnya. Narkoba saat ini semakin banyak dijumpai di kalangan pemuda dan pelajar dalam berbagai jenis dan bentuk.

Maraknya pengedaran Narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya di kalangan generasi muda sangat meresahkan masyarakat, sehingga Polri terus gencar untuk melakukan pemberantasan terhadap Narkoba tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan Polres Sawahlunto Polda Sumatera Barat, dibawah pimpinan Kapolres AKBP Purwanto Hari Subekti S.Sos melalui Sat Binmas Polres Sawahlunto mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kota Sawahlunto untuk mensosialisasikan bahaya Narkoba kepada pelajar.

Bertempat di Ruang belajar SMPN 7 Sawahlunto, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Sawahlunto melalui Kanit Bintibsos Aipda Syafrizal memberikan penyuluhan tentang Penyalahgunaan Bahaya Narkoba kepada siswa-siswi pelajar Menengah Pertama, Selasa pagi (11/07/2023).

Aipda Syafrizal memaparkan bahwa penyalahgunaan Narkoba diawali dengan tahap coba-coba, dibujuk rayu oleh teman dengan dikatakan tidak gaul atau kampungan, sehingga dirinya menjadi terjerumus ke dalam barang haram tersebut hingga akhirnya ketergantungan.

Aipda Syafrizal juga menyampaikan konsekuensi hukum bagi penyalahgunaan Narkoba baik bagi si pengguna apalagi bagi pengedar serta bagaimana cara pencegahannya dan cara penanganannya melalui rehabilitasi.

Kapolres Sawahlunto Akbp Purwanto Hari Subekti, S.Sos melalui Kasat Binmas AKP Dany Salman mengatakan “ kegiatan Penyuluhan tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi pemuda khususnya pelajar yang sangat perlu dilakukan guna mencegah semakin banyaknya kalangan pemuda yang terjerumus penyalahgunaan Narkoba,”.

“Karena pelajar dan remaja merupakan sasaran yang paling mudah bagi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba. Dalam berbagai bentuk, Narkoba menjadi ancaman mengerikan bagi pelajar baik di lingkungan rumah, lingkungan bermain dan lingkungan sekolah,” ucap AKP Dany

AKP Dany katakan, sebagai salah satu upaya preventif untuk mengatasi hal tersebut Sat Binmas melaksanakan penyuluhan dengan materi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

“Tujuan adanya kegiatan penyuluhan ini yaitu memberikan wawasan dan pengetahuan kepada pelajar tentang bahaya Penyalahgunaan Narkoba serta dampak buruk yang ditimbulkannya, meningkatkan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba serta dampak buruk yang ditimbulkannya, serta meningkatkan kesadaran pelajar akan peran pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa,” ujar AKP Dany.

Kasat Binmas berharap, dengan adanya Penyuluhan Bahaya Narkoba ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para pelajar tentang Narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya serta dapat menjadi Penggiat Anti Narkoba di lingkungannya.

“Selain penyuluhan tentang Bahaya Penyalahgunaan Bahaya Narkoba, personel juga memberikan penyuluhan tentang kenakalan di kalangan pelajar seperti himbauan untuk tidak terjerumus kepada perbuatan seperti merokok, minum-minuman beralkohol, balapan liar dan tawuran karena merusak masa depan serta membahayakan masyarakat lainnya.” ungkap AKP Dany.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.