Sebanyak 506 Personil Kodim 0708 Purworejo Ikuti Garjas

Purworejo, beritaterbit.com – Untuk mengetahui kemampuan fisik para prajurit, Kodim 0708 Purworejo menyelengarakan tes kesegaran jasmani (Garjas) periodik l Tahun 2022 bagi anggota yang berpangkat Bintara dan Tamtama di lapangan Yonmek 412/Bes, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (11/03/2022).

Kegiatan kesegaran Jasmani merupakan program pembinaan satuan yang digunakan sebagai salah satu tolak ukur hasil pembinaan dalam kurun waktu 1 semester. Tes kesegaran jasmani ini dilakukan 2 kali dalam 1 tahun yang terbagi menjadi Semester I dan Semester II sebagai salah satu laporan hasil pembinaan satuan.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim mengatakan, tes kesegaran jasmani tersebut wajib dilaksanakan, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan jasmani prajurit secara berkala.

“Garjas dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sebagai evaluasi kedepannya agar lebih baik. Penilaian jasmani ini sangat menentukan dalam pembinaan karier para prajurit,” kata Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengungkapkan, Fisik yang prima merupakan hal wajib bagi setiap prajurit TNI dalam melaksanakan tugas pokoknya, prajurit TNI senantiasa dituntut melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang kuat sebagai Tentara Profesional.

“Saya tekankan kepada seluruh personel agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dengan selalu memperhatikan faktor keamanan,sehingga dalam pelaksanaan samapta periodik ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib,” ungkap Dandim.

Sementara itu, Pasi Ops Kodim 0708 Purworejo Kapten Inf. Noor Cholik menjelaskan, pada pelaksanaan semapta meliputi kesegaran jasmani A. lari 12 menit dan kesegaran B. meliputi Pull Up, Shits Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan di lanjutkan dengan renang dasar 50 meter di Kolam renang Yonmek 412/Bes.

“Kegiatan ini di ikuti oleh 506 personil Kodim yang memenuhi syarat kesehatan berdasar dari hasil cek tensi, dan denyut nadi oleh DKT Purworejo,” pungkasnya. (As)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.