Pushidrosal dan Program Kemaritiman Provinsi Bengkulu

Berita Terbit, Bengkulu– Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal),  Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, mengatakan, hadirnya Pusat Hidrografi dan Oseanografi sebagai komponen utama pertahanan negara di laut.

TNI Angkatan Laut terus mengembangkan diri, untuk menjamin perlindungan dan keamanan perairan Indonesia dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan  dan tantangan. Dengan teknologi Hidrografi dan Oseanografi ini, pemerintah daerah bisa mengetahui secara keseluruhan potensi dan kandungan apa saja yang ada di laut Bengkulu

Pemda Provinsi Bengkulu bersama Pushidrosal  sepakat menjalin kerjasama. Menggali potensi laut Bumi Rafflesia dan optimalkan program kemaritiman. Ini sejalan dengan optimalisasi Pelabuhan Pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurut Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, melalui survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi dan penerapan lingkungan laut, jelas akan memberikan informasi penting bagi pemerintah, untuk  menentukan kebijakan kelautan dan perikanan.

Masyarakat nelayan akan diberikan kemudahan menentukan wilayah tangkap. Sehingga hasil melaut lebih maksimal. Selain itu, memastikan keselamatan navigasi pelayaran. Baik untuk kepentingan TNI maupun umum.

“Dukungan dari Pushidrosal ini memastikan setiap tahapan optimalisasi Pelabuhan Pulau Baai, selain peluang Pulau Enggano menjadi salah satu destinasi wisata dunia. Bagi masyarakat nelayan kita, jelas sangat bermanfaat  dapat memberikan data potensi tangkapan hasil melaut”, jelas  Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai beraudiensi bersama Kepala Pushidrosal dan rombongan, di Ruang Kerjanya, Rabu (21/11).

Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro juga menjelaskan, “Apabila ini kita adakan kerjasama dengan baik, kita akan mampu menyediakan data ke Pemprov Bengkulu,  terkait seluruh potensi di laut Bengkulu. Dengan mengetahui apa saja isinya, maka bisa dieksplore dan dieksploitasi dengan baik untuk kepentingan perekonomian Bengkulu”,  katanya. (MC)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.