Proyek Pembangunan Drainase Lapter Patiambang Diduga Menyalahi Spek

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Proyek pembangunan drainase dan dinding penahan tanah Bandara Patiambang Kabupaten Gayo Lues tahun anggaran 2021 dengan dana 1 milyar bersumber dari APBN mulai pelaksanaan tanggal 28 Maret 2021 dengan masa pelaksanaan 180 hari kerja nomor kontak PL.107/261/III/TXE.2021 oleh CV. Mitra Perdana dan konsultan pengawas CV. 3D Station Consultan. Dari hasil pantauan di lapangan proses pekerjaannya masih pengerukan pondasi dan sudah mulai sebagian pengecoran pada pondasi tersebut.

Terlihat dalam pekerjaan pengecorannya disusun material batu sungai begitu rapat dengan ukuran batu melebihi dari biji kelapa. “Namun dari sistem pekerjaan dilapangan menjadi tanda tanya masyarakat setempat dan diduga tidak sesuai spek lagi dan mutu pekerjaannya di pertanyakan,” kata Ahmad Yani

Ahmad Yani, Ketua LSM LP-KPK Kabupaten Gayo Lues kepada wartawan pada Selasa (29/6/2021) mengatakan, sangat disayangkan atas pekerjaan proyek drainase lapangan terbang Patiambang yang bersumber APBN tahun 2021 ini yang sepertinya pihak kontraktornya kurang serius mengerjakan pekerjaan ini.

Dari sistem pekerjaannya, batu besar disusun begitu rapat dan seterusnya dicor untuk dijadikan bangunan fisiknya dan diduga kuat untuk mengurangi material pasir dan semen untuk meraih keuntungan kepada pihak rekanannya.

Ahmad Yani berharap kepada pihak penegak hukum di tingkat pusat maupun di daerah dapat memantau pekerjaan proyek tersebut, agar mutu proyek bisa sesuai dengan teknis dan juknis yang sesuai dengan kontraknya, karena selama ini sering terjadi kucuran dana dari pusat banyak pekerjaan tidak disiapkan dan ada juga pekerjaannya asal jadi sehingga masyarakat Gayo Lues yang dirugikan.

“Mungkin kurangnya pengawasan dari pihak terkait yang membidangi proyek yang bersumber APBN sehingga pihak kontraktor nya seenaknya melakukan pekerjaan untuk meraih untung banyak,” papar Ahmad Yani.

“Dana yang diduga sebagai kontraktornya yang berkedudukan di Banda Aceh di konfirmasi via ponsel dan WhatsAppnya tidak mengangkat,” tutupnya. (Jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.