Pola Hidup Sehat Bagi Lansia

beritaterbit.com

Willy Andreas Senduk
17061156
Fakultas Keperawatan Universeitas Katolik De La Salle Manado
Sebelum kita mengenal apa itu pola hidup sehat terhada lansia, kita terlebih dahulu harus mengetahui apa itu lansia/lanjut usia. Lansia adalah seseorang yang sudah memasuki usia 60 tahun keatas atau kelompok umur pada manusia yang telah mencapai tahap akhir dari fase kehidupan. Menurut WHO(world health organisation) lansia tersebut merupakan kelompok yang akan mengalami proses yang disebut aging proses atau proses penuaan. Proses penuaan dapat kita ketahui secara singkat adalah siklus kehidupan yang ditandai dengan turunnya fungsi organ tubuh sehingga semakin rentan terkena penyakit.

Dengan mengetahui arti singkat dari lansia diatas maka alangka baiknya kita harus mengetahui hal-hal apa yang harus diperhatikan atau yang harus kita lakukan pada saat memasuki masa lansia. Berikut adalah pola-pola hidup sehat bagi lansia.
1. Melakukan aktivitas fisik
Maksudnya saat lansia tentu bukan menjadi alasan kita untuk tetap beraktivitas fisik atau berolahraga, artinya aktivitas yang bias anya dilakukan yaitu berjalan santai, bersepada dll, itu bisa dilakukan selama 30menit
2. Makan makanan bernutrisi
Maksudnya adalah makan makanan dengan gizi yang seimbang, dan melakukan diet kolestrol dan menghindari lemak jenu yang terdapat pada makanan cepat saji
3. Pemeriksaan kesehatan secara rutin
Maksudnya yaitu kita tidak erna tahu kapan enyakit menyerang atau pada lansia seiring bertambanya bertambanya usia penyakit sangat rentan menyerang, jadi sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki usia senja contohnya cek gula darah, kolestrol dll.
4. Pengendalian stress
Maksudnya memanfaatkan waktu libur itu sebaik-baiknya da nisi dengan aktivitas yang rileks dan sehat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.