Perpustkaan Nasional Salurkan 4 Komputer

BENGKULU TENGAH,BeritaTerbit.com – Kabar gembira bagi Perpustakaan Desa (Perpusdes) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Pada tahun 2019 ini, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) akan menyalurkan bantuan berupa hibah perangkat komputer sebanyak 4 unit.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Kabupaten Bengkulu tengah, Dra Hj N Yuhannah MM, kepada Bengkulu Ekspress, Rabu (28/2) kemarin.  Dijelaskan Yuhannah, bantuan komputer akan disalurkan kepada 4 (empat) perpustakaan desa yang beruntung.

Mantan Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Bengkulu tengah ini menuturkan, penyaluran bantuan tak bisa dilakukan sesuka hati. Melainkan, sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang diminta oleh Perpusnas. Diantaranya, memiliki bangunan atau gedung perpustakaan sendiri dan memiliki jaringan listrik dan internet yang baik. Selain itu, bantuan hanya bisa disalurkan jika ada komitmen dari Kepala Desa (Kades) dalam mendukung penganggaran kegiatan dan pengelolaan perpustakaan.

Saat ini, lanjut Yuhannah, perpustakaan tak hanya berfungsi sebagai wadah untuk membaca buku, melainkan telah berinovasi menjadi tempat berkegiatan masyarakat dengan berbasis inklusi sosial dan menerapkan sistem teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). “Perpustakaan sudah menjadi wadah untuk melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai, diharapkan Perpustakaan yang ada di seluruh desa bisa memiliki manfaat yang sama. Sehingga, masyarakat bisa dengan mudah mendapat informasi yang diinginkan,” demikian Yuhannah.(Rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.