Peran Media Dalam Menangkal Hoax Pemilu Serentak 2024

Bireuen, Beritaterbit.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bireuen melaksanakan kegiatan Working Group dengan organisasi kewartawanan Bireuen Jumat, 7 Oktober 2022 di hotel Graha Buana.

Mengawali acara Ketua Bawaslu Bireuen Wildan Zacky E menyampaikan, bahwa terjadi pelanggaran menjelang pemilu mulai pendaftaran sampai penetapan dan penentuan hasil pemilu. Mengantisipasi berbagai pelanggaran dan berita yang mengada-ada kebenaran virtual atau Hoax. Maka diundang 2 orang dari setiap organisasi wartawan di Bireuen, meliputi PWI, Aji, PjIDN, PWA, SBI, dan JW.

Sangat menarik pertemuan dengan Bawaslu Bireuen mengundang Wartawan Senior Lhokseumawe Ayi Jufridar MSM sebagai Narasumber Working Group dengan mengangkat Tema Media Massa dan Penguatan Pengawasan Psrtisipatif.

Ayi Jufridar MSM menyampaikan peran media sebagai pilar sangat penting dalam demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Berita hoax ada nilai edukasi bukan menghancurkan demokrasi, bagaimana mengedepankan dan kebenaran sebuah berita. Wartawan perlu menyajikan berita enak dibaca dan perlu.

Dari sejumlah peseta yang ditanyakan Drs Faizin M.Pd wartawan Beritaterbit.com terkait pemilu dari proses awal pendaftaran, penetapan calon legislatif atau eksekutif Cabup/Cawabub, Cawalkot/ Cawawalkot, Cagub/ Cawagub maupun Capres/ Cawapres. Juga proses Pelaksanaan perhitungan suara.

Maka perlu diantisipasi propraganda dari sebuah berita yang menghebohkan dari kebenaran berita.

Selanjutnya pihak Bawaslu akan menerima laporan terkait pelanggaran pemilu, sengketa melalui aplikasi maupun langsung ke petugas koordinator Bawaslu Dewi Utami S.Ag. (Faiz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.