Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia

beritaterbit.com

Nama : Gabriella V.M.E. David

MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO

 

Lanjutusia (lansia) merupakan seseorang yang berumur 60-65 tahun ke atas. Pada lansia akan terjadi beberapa masalah, seperti masalah biologis, psikologi, sosial, dan spiritual. Maka dari itu orang-orang mengganggap bahwa lansia merupakan seseorang yang tidak boleh dibiarkan sendiri karena fungsi daya tubuh mereka sudah menurun. Ada keluarga yang mengganggap lansia itu sebagai beban karena mereka harus mengerti dan memahami kemauan atau ketidakmauan dari lansia, ada juga mereka yang terbebani karena masalah ekonomi.

Keluarga terdiri atas keluarga inti dan keluarga besar, keluarga inti termasuk ibu, ayah, anak, atau ibu, ayah, kakek, ataupun nenek, ibu, dan anak. Ada sekelompok lansia yang sudah bergabung dengan anak-anaknya karena anak-anak sudah menikah dan sudah kehilangan salah satu pasangan.

Keluarga memiliki peran penting untuk lansia, disini keluarga harus mendukung, memotivasi, memfasilitasi, dan tentunya harus mengurus mereka dengan baik. Keluarga harus mendukung lansia dalam hal yang positif tentunya, keluarga harus memahami setiap proses sosial dari lansia apalagi mereka yang sudah kehilangan salah satu pasangan mereka.

Keluarga harus selalu memberikan infomasi kesehatan bagi lansia, agar mereka mengetahui hal mana yang bisa dilakukan atau tidak bisa dilakukan. Keluarga juga harus menerima dan memahami jika terdapat lansia yang keras kepala ataupun lansia yang sifatnya seperti anak-anak, yang ketika ditegur itu akan menjadi masalah ataupun lansia akan menjadi mengurung diri dan merasa hidupnya sudah tidak berarti lagi.

Untuk itu kita sebagai orang terdekatnya harus memahami, menerima, dan memaklumi apapun yang mereka perbuat atau katakan. Karena itu merupakan proses degeneratif atau proses penuaan yang tidak dapat dihindari. Jika masih dalam hal yang positif sebagai keluarga kita harus tetap mendukungnya sesuai dengan apa yang menjadi kesenangannya demi meningkatkan kualitas hidupnya, agar tetap merasa bahagia disisa hidupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.