Pentingnya Nutrisi yang Baik Bagi Para Lansia

beritaterbit.com – Oleh Theresa Fersiani Datu, Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Universitas Katolik De La Salle Manado.

Seperti yang kita ketahui lansia adalah seseorang yang dapat dikatakan sudah memasuki masa lanjut usia yaitu 60 tahun keatas . Masa Lansia bukan berarti fisik yang sudah melemah atau fisik yang sudah rentan terhadap penyakit . tapi di masa lansia ini tentunya seseorang juga bisa melewati hari-hari dengan menyenangkan , dan bahagia tentunya . untuk itu , bagi para lansia pemenuhan nutrisi menjadi salah satu hal yang paling penting , dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik dan teratur maka kesehatan lansia juga pastinya akan terjaga . seperti yang kita ketahui dalam memasuki masa lanjut usia tentu kita akan menemui perubahan-perubahan fisik yang memang spesifik kita lihat pada seseorang yang sudah lanjut usia , contohnya perubahan warna rambut, serta penglihatan dan pendengaran yang sudah semakin menurun , bahkan ada yang mudah tersinggung dan tidak dapat mengontrol emosinya sendiri .
Nah teman-teman, berikut adalah beberapa asupan nutrisi yang baik yang dapat di konsumsi oleh lansia untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terlihat bugar :
• Lansia sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung santan, ataupun yang berlemak salah satu contohnya adalah daging . daging itu mengantung kolesterol yang sangat tinggi
• Lansia sebaiknya mengkonsumsi minuman yang berkalsium , minuman yang berkalsium sangat penting untuk tulang terlebih bagi para lanjut usia agar mengurangi keroposnya tulang . contoh minuman yang berkalsium yaitu susu.
• Lansia harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat , contohnya sayur, dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur , akan memperlancar proses pencernaan dalam hal ini yaitu BAB dan BAK.
• Lansia sebaiknya mengurangi makanan yang manis-manis yang mengandung gula karena itu dapat membuat kadar gula darah menjadi tinggi .
• Lansia perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yaitu daging yang berwarna merah atau sayuran yang berwarna hijau pekat , makanan yang mengandung zat besi itu dapat mencegah anemia pada lansia
• Makanan untuk lansia juga sebaiknya lunak atau yang lembek agar makanan tersebut dapat di kunyah sehingga tidak berpengaruh terhadap kesehatan gigi para lansia.
• Lansia juga harus banyak mengkonsumsi air putih . air merupakan salah satu yang penting yaitu untuk proses metabolism tubuh air putih juga sebagai pengganti cairan yang hilang pada saat kita beraktivitas .
• Lansia harus menjauhi minuman yang mengandung alcohol karena alcohol dapat menyebabkan kegemukan bahkan lambung akan menjadi iritasi .
Itu merupakan beberapa nutrisi yang baik untuk di konsumsi para lanjut usia , dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan baik tentunya akan membuat lansia menjadi lebih sehat dan kuat dalam beraktivitas sehari-hari .

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.