Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang di Usia Lanjut

beritaterbit.com – Santa Agnes Batmomolin
Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Katolik De La Salle Manado.

Di usia lanjut, banyak sekali masalah kesehatan yang terjadi. Salah satunya adalah masalah kesehatan tulang namun ada banyak sekali macam-macam masalah kesehatan tulang salah satu contohnya adalah ostephorosis. Semakin usia bertambah, semakin mudah tulang untuk menjadi keropos karena kepadatan tulang semakin berkurang.

Ostephorosis merupakan suatu kondisi dimana tulang mengalami penurunan massa sehingga terjadi pengeroposan tulang. Pada dasarnya, faktor yang mempengaruhi terjadinya pengeroposan tulang ini yaitu faktor usia, keturunan, gaya hidup yang tidak sehat mengalami kekurangan nutrisi khususnya vitamin D dan kurangnya latihan atau aktivitas fisik yang dapat berakibat kurangnya kepadatan tulang.

Osteophorisis lebih rentan dialami oleh wanita setelah mengalami menopause atau berakhirnya siklus menstruasi. Hal ini disebabkan karena produksi hormon estrogen pada wanita berhenti. Hormon tersebut yang membantu untuk menguatkan tulang didalam tubuh seorang wanita.

Gejala yang timbul dari osteophorosis ini yaitu dapat mengalami berupa nyeri tulang atau nyeri di bagian punggung, perubahan postur tubuh, tinggi badan berkurang hingga tulang mudah patah.

Bagian tulang belakang berperan untuk menopang tubuh maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang di usia lanjut. Caranya yaitu dengan tetap aktif untuk melakukan aktivitas fisik karena itu mempengaruhi kepadatan dan kekuatan tulang, melakukan pola hidup sehat dengan mencukupi kebutuhan asupan kalsium, vitamin D, dan asupan protein dengan mengonsumsi Ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna yang kaya akan vitamin D, sayuran dan yang tak kalah pentingnya yaitu meminum susu untuk lansia. Kemudian berhenti untuk merokok dan batasi untuk mengonsumsi alkohol. Dan tidak lupa untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.