Pentingnya Mengenali 5 Jenis Suku Bunga sebelum Mengajukan Kredit Bank

Kegiatan penyaluran dana bank kepada masyarakat bukan menjadi hal yang baru di Indonesia, pasalnya banyaknya masyarakat yang membuka dan menjalankan usahanya dengan modal berasal dari pinjaman kredit bank. Pembiayaan kredit pada bank konvensional ini sangat berkaitan dengan suku bunga bank, yang mana suku bunga bank tersebut akan berpengaruh terhadap cicilan yang harus dibayar nantinya.

Tetapi masih banyak dari masyarakat yang tidak familiar dengan suku bunga bank. Jadi sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai produk dan layanan bank, kita harus terlebih dahulu mencari tahu apa itu  suku bunga bank? dan kenapa suku bunga bank itu penting?

Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, suku bunga bank pinjaman adalah balas jasa yang ditetapkan bank kepada nasabah atas pinjaman yang didapatkannya.

Tingkat suku bunga bank ini penting karena akan menjadi pertimbangan masyarakat sebelum mengambil pinjaman kredit. Dimana bunga bank ini akan berbeda-beda di setiap bank yang memberikan pinjaman kredit. Tinggi rendahnya suku bunga bank berpengaruh terhadap cicilan kredit yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, kita harus memahami jenis suku bunga yang diberlakukan serta cara menghitungnya, agar kita bisa menyesuaikan kemampuan finansial dalam membayar angsuran dan membuat strategi pembayaran dari jauh hari.

Di dalam perbankan ada 5 jenis suku bunga yang terbagi menjadi 2, yaitu yang berdasarkan sifatnya dan perhitungannya.

A. Berdasarkan sifatnya

1. Suku bunga tetap, yaitu suku bunga yang tidak berubah sampai dengan periode jatuh tempo atau selama jangka waktu kredit.
2. Suku bunga mengambang (floating), yaitu suku bunga yang dapat berubah-ubah sesuai dengan suku bunga yang ada di pasaran atau mengikuti suku bunga yang dikeluarkan oleh BI (Bank Indonesia). Kelebihannya, jika suku bunga turun maka angsuran kredit menjadi rendah. Sedangkan kekurangannya, jika suku bunga naik maka cicilan semakin besar.

B. Berdasarkan perhitungannya

1. Suku bunga flat, yaitu suku bunga yang perhitungannya mengacu pada jumlah pokok pinjaman dibawa untuk setiap periode angsuran. Jadi dalam perhitungan suku bunga flat, total angsuran baik angsuran pokok dan angsuran kredit akan tetap dari awal sampai dengan akhir periode.

Adapun rumusnya yaitu:

Bunga per bulan = (p × i × t) : JB

p = pokok pinjaman awal

i = suku bunga per tahun

t = jumlah tahun jangka waktu kredit

Jb = jumlah bulan dalam jangka waktu kredit

2. Suku bunga efektif, yaitu suku bunga yang perhitungannya mengacu pada sisa jumlah pokok pinjaman setiap bulannya seiring dengan berkurangnya utang pinjaman yang telah dibayarkan. Artinya, semakin sedikit sisa pinjaman pokok maka akan semakin sedikit pula suku bunga yang harus dibayarkan. Jadi dalam perhitungan suku bunga efektif ini, angsuran pokok akan tetap dan angsuran bunganya turun.

Adapun rumusnya yaitu:

Bunga = Sp × i × (30/360)

Sp = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya

i = suku bunga per tahun

30 = jumlah hari dalam 1 bulan

360 = jumlah hari dalam 1 tahun

3. Suku bunga anuitas, yaitu dimana jumlah angsuran tetap tetapi komposisinya berbeda. Maksudnya, porsi bunga pada awal pembayaran sangat besar sedangkan porsi angsuran pokok sangat kecil. Tetapi mendekati akhir dari masa kredit, keadaan akan menjadi berbalik dimana porsi angsuran pokok akan sangat besar sedangkan porsi angsuran bunga menjadi lebih kecil.

Ada beberapa rumus dalam menghitung suku bunga anuitas, diantaranya yaitu:

Total Angsuran
A = i x M
Angsuran Pokok

an = (A(M . i)) ((1 + i)n-1)

Angsuran Bunga
bn = A – (a1 (1 + i)n-1)

Dimana :

M = Jumlah Pinjaman

i = Suku bunga per bulan

n = Bulan angsuran yang ingin dibayar

A = Total Angsuran

an = Angsuran Pokok

bn = Angsuran Bunga

Cukup sekian uraian mengenai 5 jenis suku bunga bank yang telah disampaikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu mayarakat dalam mempertimbangkan keputusan sebelum mengajukan kredit pinjaman kepada bank konvensional. Kurang lebihnya penulis mohon maaf, terima kasih see u next time.

Penulis: Sabila Riyani Putri/PS-FEBI UIN Raden Intan Lampung

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.