Pemilu 2024, Dukcapil Kota Bengkulu Siap Integrasikan Data Pemilih

Bengkulu, beritaterbit.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu siap menyukseskan gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang. Upaya integrasi data pemilih pun disiapkan demi membantu KPU terhadap validasi data.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Drs Widodo mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya membangun kembali rasa saling bertaut dan terkoneksi antara KPU.

“Sudah ada kesepakatan antara KPU dan Dukcapil di pusat untuk menyelesaikan masalah data pemilih, harus saling sinergi dan kolaborasi. Untuk itu Dukcapil Kota Bengkulu siap menyukseskan validasi data kependudukan yang akan disiapkan dalam pemilihan umum,” kata Widodo, Rabu (11/5/2022).

Kesepakatan dimaksud, lanjut Widodo, adalah memetakan masalah serta solusinya bersama dalam pemutakhiran data penduduk. Di sini peran Dukcapil sangat diharapkan mengingat sampai saat ini masih ada data kependudukan yang double, pindah alamat, hingga kelahiran dan kematian di Kota Bengkulu.

Bahkan pihaknya telah melakukan program Jebol atau jemput bola mendatangi masyarakat termasuk penyandang disabilitas, para lansia dan sekolah-sekolah untuk merekam KTP-el. Tak hanya itu para aparatur Dukcapil rela ketika diminta untuk tetap bekerja di hari libur.

Data dari Dukcapil kemudian diberikan ke KPU, selanjutnya diadakan pemutakhiran data setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu jika pemutakhiran di bulan Januari, datanya bisa terkoreksi di Februari. Data Februari bisa terkoreksi di Maret.

“Pemutakhiran data cukup dilakukan per beberapa bulan terlebih dahulu, sampai nanti masa penyiapan Daftar Pemilih Sementara hingga ke Daftar Pemilih Tetap,” demikian Widodo. (adv)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.