Komisi II DRPD Teuku : Kami Usulkan Agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kota Bengkulu Terima Insentif

Bengkulu, Beritaterbit.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu mengusulkan honor untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di wilayah tersebut naik pada 2024.

Untuk anggaran kenaikan honor atau insentif untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2024 kota Bengkulu.

“Kami mengusulkan agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kota Bengkulu menerima insentif sebab mereka telah menyampaikan kepada kami bahwa selama ini tidak mendapat insentif dan diharapkan agar Pemerintah Kota Bengkulu menyediakan insentif itu,” kata Anggota Komisi II DRPD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain di Kota Bengkulu.

Ia menyebutkan usulan pemberian honor terhadap Babinsa dan Bhabinkamtibmas sangat memungkinkan untuk akomodir dalam APBD 2024, sehingga pihaknya meminta agar Pemerintah Kota Bengkulu memasukkan dalam skema anggaran sesuai kebutuhan dan kesanggupan APBD.

“Di setiap kelurahan itu ada satu Babinsa dan satu Bhabinkamtibmas, artinya total ada 134 orang. Kalau misalnya diberi insentif Rp500 ribu saja, maka anggarannya Rp804 juta satu tahun anggaran itu cukup kecil dan kita setuju,” ujar dia.

Menurut Teuku, usulan honor tersebut dinilai wajar sebab aparat TNI dan Polri yang menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat di setiap kelurahan menerima insentif sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kota Bengkulu.

“Sebab, Babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu terlibat dalam mengawal program pemerintah di lapangan, seperti gotong royong, tugas pengawasan dan kegiatan dalam rangka mendukung Bengkulu merdeka sampah,” ujafnya.

Saat ini, kata dia, DPRD Kota Bengkulu sedang membahas rancangan KUA PPAS APBD 2024 di tingkat komisi dan dalam waktu dekat akan dibahas di tingkat Badan Anggaran (Banggar).

“Kita akan mengawal anggaran untuk insentif para Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kota Bengkulu agar bisa diperjuangkan dalam APBD 2024,” ujar Teuku.

Sumber : Rilis

Editor : Rosa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.