Pemerintah Desa Mojosari Tulungagung Upayakan Entapskan Kemiskinan

Tulungagung, beritaterbit.com – Dalam rangka upaya memberantas kemiskinan ekstrem, pemerintah Desa mojosari kecamatan kauman, tulungagung menyalurkan bantuan lansung tunai (BLT). Bertempat di balai desa mojosari Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap tiga tahun anggaran 2023 di laksanakan, jumat (07/07/23).

Hadir dalam acara tersebut, agus rifa’i selaku kepala desa mojosari beserta perangkat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pendamping lokal desa serta 25 undangan keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Agus rifa’i kepala desa mojosari mengatakan , bahwa penyaluran BLT DD kemiskinan extrem pada hari ini diberikan tiga bulan sekaligus. “Hari ini bantuan akan diberikan langsung tiga bulan sekaligus, jadi nominal nya sebesar 900 ribu, yaitu untuk bulan Juli, Agustus, September diberikan sekaligus hari ini, “bebernya.

Lebih lanjut agus rifa’i menjelaskan, landasan penyaluran BLT Dana Desa 2023 tidak lagi untuk pandemi Covid-19, melainkan untuk percepatan penghapusan kemiskinan di Indonesia.

tahun 2023 sesuai Peraturan Menteri Keuangan 201/PMK.07/2022 bahwa pemerintah desa menganggarkan dan melaksanakan kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa, termasuk penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT Desa paling sedikit 10 persen dan paling banyak 25 persen dari anggaran Dana Desa, “tambahnya.

Dengan diberikan bantuan lansung tunai ini, diharapkan dapat meringankan beban kebutuhan keluarga, terlebih jika digunakan untuk modal usaha, jadi semakin bagus.
Kalau usaha nya bisa berkembang dan berhasil, otomatis dapat menghapus status keluarga miskin,” tutupnya.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.