Pemdes Gedangsewu Tulungagung Gelar Ujian Penyaringan Perangkat Desa

Tulungagung, beritaterbit.com – Dalam rangka memilih perangkat desa yang bermutu serta berkualitas dan sesuai dengan peraturan Bupati Tulungagung, Pemerintah Desa gedangsewu Kecamatan Boyolangu Tulungagung melakukan ujian penyaringan perangkat desa, Rabu (6/12/23).

Acara tersebut dihadiri Kepala Desa Gedangsewu, Kapolsek, Danramil, serta Camat Boyolangu beserta anggota, BPD, LPM dan warga Desa Gedangsewu.

Di struktur Pemerintahan Desa Gedangsewu ada dua kekosongan formasi perangkat yaitu Kasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Kasun (Kepala Dusun).

Desa Gedangsewu terdapat tiga kasun, salah satu dusun mengalami kekosongan kasun yaitu Dusun Pilang yang terletak di sisi sebelah barat daya Desa Gedangsewu, Tulungagung.

Partisipasi warga dalam acara ujian penyaringan perangkat desa terhitung baik, terlihat dari banyaknya peserta ujian dan antusias masyarakat dalam acara tersebut.

Total peserta ujian ada dua belas antara lain, Kasi Kesejahteraan Rakyat ada delapan peserta dan Kasun ada empat peserta. Dalam penilaian yang telah dikoreksi bersama dan disaksikan oleh saksi, untuk Kasi Kesejahteraan Rakyat nilai tertinggi diraih oleh saudara Tri Bagus K dan untuk Kasun nilai tertinggi diraih oleh Deni Samidi.

Sesuai dengan peraturan Bupati Tulungagung, naskah soal ujian diharuskan bekerjasama dengan universitas terakreditasi B. Di sini soal ujian dibuat oleh Universitas Islam Blitar, soal ujian perangkat meliputi ujian tulis dan ujian IT.

Saat ditemui Ketua Panitia Nur Cahyo mengatakan, sebenarnya jumlah peserta ujian ada tiga belas cuma yang satu tidak lolos administrasi. Di Desa Gedangsewu ada dua kekosongan formasi yaitu Kasi Kesejahteraan Rakyat dan Kasun.

“Yang mana Kasi Kesejahteraan Rakyat diikuti 8 peserta ujian dan kasun ada 4 peserta ujian. Sesuai peraturan Bupati untuk naskah ujian harus bekerjasama dengan salah satu universitas terakreditasi B, disini Universitas IsIam Blitar (unisba) juga terakreditasi B,” ucapnya.

“Tujuan diselenggarakan ujian penyaringan perangkat ini tidak lain adalah membantu kepala desa dalam memilih perangkat desa yang berkualitas sesuai hasil ujian,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Gedangsewu Miswan mengucapkan selamat kepada peraih nilai tertinggi. “Tugas anda sudah menanti melayani masyarakat, mengabdi pada masyarakat dan bangsa. Dengan diadakan ujian penyaringan perangkat, diharapkan dapat melahirkan perangkat yang bermutu dan layak dalam pengabdian,” tuturnya.

Reporter: Agus

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.