Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Program P3PD Sudah Memasuki Angkatan Ke-9

Bengkulu, beritaterbit.com – (31/10/2023) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) merupakan program pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. P3PD dilaksanakan oleh empat kementerian dan Lembaga, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa Program P3PD tahun 2023. Dari target 10 angkatan pelatihan, provinsi Bengkulu telah melaksanakan 9 angkatan pelatihan. Agkatan ke-9 dimulai tanggal 30 Oktober- 2 November 2023 di 2 hotel yang berbeda, Hotel Grage dan Hotel Santika.

Pelatihan Angkatan ke-9 ini diikuti 43 desa, dengan jumlah peserta 170 orang, yang terdiri dari Sekretaris Desa, Ketua PKK, Unsur Posyandu dan unsur LKD Desa.

Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa Program P3PD dilaksanakan secara tersetruktur, sistimatis dan massif, karena dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi se-Indonesia, dalam rangka untuk meningkatakan kapasitas dan kualitas aparatur pemerintah desa dan kelembagaan desa. Demikian ungkap Bapak Andi Manulang dalam sambutannya.

Program P3PD diharapkan mampu mendorong perbaikan tata kelola dan kinerja pemerintahan dan pembangunan di tingkat desa melalui empat hal, yaitu 1) Perbaikan kinerja pemerintah dan aparat desa; 2) Perbaikan dan penguatan sistem pendampingan dan peningkatan kapasitas bagi masyarakat desa; 3) Pengenalan sistem transfer insentif berbasis kinerja; dan 4) Penguatan sistem informasi dan data desa berbasis teknologi dan meningkakan kualitas belanja desa.

Sumber: Rilis

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.