Pekerjaan Peningkatan Ruas Jalan Simpang Kota Pari Menuju Pantai Cermin Diduga Asal-Asalan

Sergai, Beritaterbit.com – Pemerintah Serdang Bedagai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Tahun Anggaran 2023 proyek peningkatan kapasitas struktur jalan, Ruas Jalan Simpang Kota Pari menuju Pantai Cermin yang dikerjakan Kontraktor CV Sadajiwa Buwana Dari sumber dana BKP dengan nilai kontrak Rp 987.875.000,00. Jadi sorotan awak media karena dalam keadaan berair dan pekerjaan masih juga dikerjakan oleh pihak rekanan, Selasa (19/09/2023).

Dalam pekerjaan awal saja diduga sudah asal-asalan bagaimana dengan nasib jalan apa bila sudah selesai nanti, apakah pekerjaan ini sesuai yang kita harapkan nantinya?

Dihal lain, awak media saat berbincang-bincang dengan Warga Kota Pari yang namanya tidak mau disebutkan menyebut, “Lihatlah bang, abang kan dari media, apakah pekerjaan ini tidak ada pengawasnya dari dinas bang. Dalam keadaan berair pun dikerjakan, manalah mungkin ada kekuatan jalan ini nantinya bang,” ujarnya.

Masih dengan Warga Kota Pari, “Lihatlah bang yang sudah dipadatkan menggunakan alat Berat Bomax. Material yang ditekan bomax saja masih meleleh dan tidak nampak padatnya. Masih nampak berlubang-lubang,” katanya lagi.

Kemudian saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (PUTR) melalui pesan Whatsapp prihal pekerjaan peningkatan kapasitas instruktur jalan, tidak menjawab dan bungkam seakan tidak mau tau.

Seharusnya dimana ada kritikan tentang pekerjaan PUTR haruslah tanggap dan ditinjau langsung kebenaran pekerjaan tersebut. Inilah yang bisa dibilang proyek tersebut diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai speksifikasi dalam RAB nantinya.

Padahal dalam sebuah pekerjaan proyek, keuntungan sudah diatur dan dianggarkan dalam RAB proyek yang dikerjakan. Namun jika dalam pelaksanaan proyek yang mengesampingkan mutu dan kualitas fisik proyek maka instansi terkait harus memberikan sanksi tegas atau jika perlu tolak hasil pekerjaannya dengan cara tidak dibayar hasil pekerjaannya.

Sampai saat ini, awak media akan mencari tahu dan konfirmasi kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Hingga berita ini diterbitkan belum ada jawaban dari Dinas atau Kadis PUTR Kabupaten Serdang Bedagai.

Penulis: Arifin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.