Pancasila Rumah Kita

Sul-Sel/beritaterbit.com – Semua orang tahu akan Pancasila tapi belum semua orang mampu menghayati nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila . Oleh karena itu, perlu membumikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus bangsa agar kelak dikemudian hari, mereka benar-benar memahami nilai-nilai pada pancasila dan mereka tidak kehilangan arah dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Bangsa Indonesia, bangsa yang besar beragam suku, ras dan agama. Dimana warganya hidup berdampingan dalam bingai bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu, Indonesia tanah airku. Indonesia yang damai karena tahu menghargai perbedaan dan menghormati perbedaan sehingga mewujudkan hidup yang damai dan rukun.

Toleransi sebagai wujud dari kesadaran masyarakat untuk menjalin tali persaudaraan sesama anak bangsa yang tanpa membedakan suku, ras dan agama. Oleh karena itu, kita harus saling mengasihi dan menyayangi sesama umat manusia ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa.

Seiring dengan hal tersebut dan hal lain sering kita menjumpai dinamika kehidupan di masyarakat tentang ketidakadilan, ketidakjujuran, monopoli. Semuanya ini merupakan potret kehidupan yang tidak sesuai dengan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Hal lain yang sering terjadi dan tanpa disadari bahwa akan terjadi perpecahan jika dibiarkan yakni hadirnya berita-berita bohong yang sifatnya fitnah dan provokasi dapat mengganggu ketentraman masyarakat dan dapat menimbulkan perpecahan diantara sesama anak bangsa jika sudah tak ada persatuan.

Oleh karena itu kita harus bangkitkan semangat nasionalisme untuk mencinta terhadap tanah air kita. Begitu juga semangat gotong royong perlu kita tingkatkan karena dengan semangat tersebut kita akan kuat karena selalu bersama dalam menggapai tujuan dan bermusyawarah untuk menyelesaikan hal-hal yang bisa bermusyawarah tanpa merugikan satu dengan yang lain untuk mewujudkan masyarakat yang adil.

Oleh karena itu dengan hari lahirnya Pancasila 1 Juni tentu diharapkan kepada semua elemen bangsa untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila, karena Pancasila adalah rumah kita yang harus kita rawat dan kita jaga dalam bingkai bhineka tunggal ika.

Penulis : Frans Kato
Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.