Mendes dan PDTT Kucurkan Bantuan Rp 3,8 Miliar

MUKOMUKO, Beritaterbit.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Mukomuko menerima kucuran dana sebesar Rp 3,8 miliar dari Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bantuan BUMDes itu langsung diserahkan Menteri kepada penerima yang bersangkutan yang berlangsung di Desa Pondok Makmur, Kecamatan Air Manjuto disela-sela kegiatan sosialisasi penggunaan dana desa tahun 2019.

Menteri Desa dan PDTT Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo menyampaikan BUMDes yang menerima bantuan tersebut dapat lebih mengembangkan usaha disektor pariwisata dan usaha sektor pasca panen.

“Bantuan ini tujuannya agar BUMDes lebih mengembangkan usahanya,”ujarnya. Menurut Menteri, semakin usaha berkembang,maka masyarakat di desa juga akan mendapatkan imbas sangat positif. Yakni peningkatan kesejahteraan desa masyarakat.

Terpisah, Kepala DPMD Kabupaten Mukomuko, Gianto melalui Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM), Juni Erwani mengatakan bantuan dana sebesar Rp 3,8 miliar tersebut diperuntukan 14 BUMDes di daerah ini. Belasan BUMDes penerima bantuan itu, masing-masing menerima nilai bervariasi.

Terbesar BUMDes menerima Rp 1,5 miliar untuk dua BUMDes di daerah ini yakni BUMDes Mekar Jaya Kecamatan Teras Terunjam. Kemudian lanjutnya, dua BUMDes menerima bantuan Rp 150 juta yakni BUMDes Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya dan BUMDes Desa Mekar Jaya Kecamatan Air Rami.

Sedangkan 10 BUMDes lainnya menerima bantuan permodalan usaha masing-masing Rp 50 juta. Salah satunya BUMDes Desa Resno Kecamatan V Koto. “BUMDes yang menerima bantuan dana itu adalah BUMDes yang mengusulkan tahun 2018,” ungkapnya. (Rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.