Menakar Bias Peradaban Kolonial Di Era Milenial

Oleh : Olly Benkoelen

Beritaterbit.com
Tidak bisa dipungkiri bahwa momok menakutkan kekelaman masa kolonial itu Masih Membekas kepada cara pandang masyarakat awam walaupun tidak sebagai pelaku utama pada masa tersebut tetapi menyeret larut menikmati dari rintihan dan kisah para leluhur terdahulu secara estafet..

Kita tidak harus alergi menoleh kebelakang, menyimak peristiwa demi peristiwa, ketidak santunan, pembunuhan karakter, pemberangusan wibawa pejuang dan tokoh, mengkebiri kebebasan hak anak negeri, mencaplok warisan hasil bumi para generasi, menghunjamkan kultur adu domba, pengkhianatan, fitnah dan teriring mematahkan ruh perjuangan..

Menoleh sejenak kebelakang, bukan berarti mengambil jadi rujukan apa yang sudah menjadi kekecewaan akan tetapi tolehan tersebut utk menakar seberapa banyak perubahan dan kepudaran masa-masa tersebut hilang dan menjadi bias dari peradaban diera millenial sekarang, ataukan masih mengental..

Ini akan dikembalikan kepada kita seberapa besar kemauan perubahan akan ditempuh, dan butuh kesungguhan untuk itu semua…

Sekedar menoleh, menyimak, dan meng evaluasi sejenak sejarah masa lampau untuk keberlangsungan perubahan masa depan..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.