Masih Ada Rp 5 Miliar Lebih Dana Desa Yang Belum Dikucurkan Ke Desa

Bengkulu Utara, beritaterbit.com – Tahun 2023, Kabupaten Bengkulu Utara mendapat kucuran Dana Desa (DD) dengan total Rp 170 miliar. Dana Desa (DD) ini diperuntukkan bagi 215 desa di Kabupaten Bengkulu Utara.

Sayangnya dana sebesar itu masih cukup banyak tersisa. Berdasar data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkulu Utara, perkiraan saat ini masih ada Rp 5 miliar lebih Dana Desa (DD) yang belum dikucurkan ke desa.

Padahal saat ini sudah memasuki pekan kedua November 2023 atau kurang dari dua bulan lagi akan memasuki akhir tahun anggaran. Jika dana tersebut tidak terserap akan kembali masuk ke program yang dianggarkan dalam APBDes 2024.

“Sedangkan sisanya 31 desa adalah desa reguler yang belum mengajukan pencairan DD tahap akhir,” kata Margono.epala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bengkulu Utara, Margono, M.Pd menerangkan sampai saat ini masih ada 32 desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap akhir. Satu diantaranya adalah desa dengan status desa mandiri

Ia menegaskan Dinas PMD Kabupaten Bengkulu Utara selalu membantu desa dalam pengajuan pencairan dana. Bantuan yang diberikan tersebut untuk memastikan syarat-syarat pengajuan pencairan tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan aturan.

“Namun untuk 32 desa ini memang belum mengajukan pencairan dana. Sehingga memang dananya belum dikucurkan ke rekening atau kas desa masing-masing,” terangnya.

Dinas PMD Kabupaten Bengkulu Utara juga berkoordinasi dengan camat masing-masing untuk menyampaikan ke desa yang belum mengajukan pencairan DD tahap akhir tersebut. Tujuannya untuk mengetahui apa kendala pengajuan pencairan hingga 32 desa belum mengajukan pencairan.

“Karena camat memiliki tugas untuk melakukan pendampingan pada desa-desa. Termasuk jika memang ada kendala di desa yang membuat syarat pengajuan pencairan belum bisa dilengkapi,” jelas Margono.

Ia meminta paling lambat pekan depan seluruh desa sudah memasukkan pengajuan pencairan DD tahap akhir. Sehingga Dana Desa (DD) bisa segera masuk ke kas desa dan pelaksanaan program-program desa bisa berjalan.

Meskipun masih ada 32 desa belum mendapatkan kucuran Dana Desa (DD) tahap akhir, Margono optimis serapan DD tahun ini di atas 97 persen. Pasalnya, seluruh pekerjaan fisik di desa-desa sudah masuk dalam pencairan DD tahap satu dan dua.

Untuk DD tahap akhir hanya memuat pekerjaan-pekerjaan non fisik. Sehingga desa-desa tersebut tetap bisa melaksanakan pekerjaan dengan cepat karena tidak terkait dengan kegiatan fisik.

“Kita optimis pekerjaan serapan anggaran akan tetap tinggi tahun ini. Namun untuk 32 desa kita minta segera melengkapi syarat untuk pencairan,” tegas Margono.“Kita optimis pekerjaan serapan anggaran akan tetap tinggi tahun ini. Namun untuk 32 desa kita minta segera melengkapi syarat untuk pencairan,” tegas Margono.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.