Mahasiswa Unib berkesempatan belajar di 13 negara

Bengkulu,Better.com – Mahasiswa Universitas Bengkulu berkesempatan belajar di 13 negara lewat program “Student Mobilty Programme” 2019.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Kerja Sama dan Layanan Internasional (KSLI) Universitas Bengkulu, Yansen mengatakan program ini telah memberangkatkan 60 orang mahasiswa ke berbagai negara pada 2018.

“Program ini sudah berjalan sejak 2008 untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa kita merasakan atmosfir akademik di kampus negara lain,” kata Yansen dikutif antara bengkulu.comdi Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan dalam program ini mahasiswa peserta hanya perlu memenuhi syarat yang diwajibkan sedangkan biaya ditanggung oleh UPT KSLI Unib, sponsor liar negeri, biaya fakultas dan biaya mandiri.

Program “Student Mobilty Programme” merupakan program tahunan UPT KSLI Unib dengan tujuan memberikan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat internasional yang berbeda budaya sehingga akan membentuk karakter positif mahasiswa yang lebih baik.

Ada beberapa pilihan dalam program ini yaitu transfer (program perkuliahan), internship (program magang atau kerja/praktik lapangan), research (program penelitian), community services (Kuliah Kerja Nyata/KKN) dan cultural exchange (Program pertukaran budaya).

Syarat untuk mengikuti program ini yakni mahasiswa Unib aktif, minimal semester 4 dan maksimal semester 8, IPK paling rendah 2,75, mampu berbahasa Inggris dengan baik, berbadan sehat dan belum pernah mengikuti program serupa dengan biaya Unib.

Adapun Universitas yang dituju yakni Universitas di Malaysia ( University Kelantan, University Sains, University Malaya dan University Politeknik Nilai) Universitas di Thailand (Rajamangala University of Technology Srivijaya,Thaksin University, Princess of Naradhiwas University, Kasetsart University, Walailak University) Universitas di Cambodia (University of Battambang), Universitas di India (Srivenkateswara University), Universitas di Philippines (San Beda College), Universitas di Jepang (GIFU University dan Okayama University) Universitas di Vietnam ( Banking University of Ho Chi Minh City), Universitas di Singapore Nanyang (Technological University), Universitas di Taiwan (Ming Chi University of Technology), Universitas di Australia (University of New England) Universitas di Korea Selatan (JEI University) dan Universitas di China (Nanjing Forestry University) dan Universitas di Belanda (Maastricht University).

Pendaftaran dan pengumpulan berkas dimulai pada 4 Februari hingga  8 Maret 2019, tahapan seleksi berkas 11 hingga 22 Maret 2019, tahapan wawancara 25 Maret hingga 5 April 2019 dan mahasiswa yang lolos akan diumumkan pada 10 April 2019.

Mahasiswa yang ingin mengikuti program ini dapat melakukan registrasi online pada halaman: bit.ly/studentmobilityprogram2019 dan info selengkapnya dapat diakses di http://ksli.unib.ac.id atau halaman Facebook UPT KSLI Office of Partnership and International Affairs, University of Bengkulu

Yansen berharap tahun ini ada peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini.

“Berarti  rasa percaya diri mahasiswa yang mendaftar sudah naik walaupun belum lolos. Bagi mahasiswa yang lolos dan berangkat itu nilai lebih baginya dan memberikan motivasi bagi rekan-rekannya yang lain,” katanya. (ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.