Kanwil Kemenag dan Disdik Dayah Aceh Gelar Rakor Bersama di Meulaboh Aceh Barat

Aceh Barat, beritaterbit.com – Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Aceh menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Bumi Teuku Umar Johan Pahlawani Hotel Meuligoe Meulaboh Aceh Barat, Ahad 12 Maret 2023.

Prosesi pelaksanaan Rakor lancar dan dibuka dengan resmi oleh Plt Kanwil Kemenag Aceh, Bapak Ahmad Yani S.Pd.i. Beliau menyampaikan bahwa peran pondok sangat penting dalam upaya senergitas meningkatkan mutu pendidikan keislaman.

Ketua panitia pelaksana Rakor bersama, Dr. Muntasir dalam laporannya mengatakan, Rakor akan berlangsung selama 3 hari yaitu Ahad-Selasa (12-14 Maret 2023).

Pembahasan terkait berbagai isu termasuk masalah keikutsertaan Provinsi Aceh dalam event Nasional yaitu MQK yang akan dilaksanakan pada Mei 2023 mendatang.

Adapun peserta Rakor bersama adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Aceh dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah 23 Kabupaten/Kota se-Aceh.

Sebelumnya Bapak Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrul Fajri S.Ag., MH dalam sambutannya menyebut, Rakor bersama bertujuan memajukan Pendidikan Dayah dan Pendidikan Agama Islam di Provinsi Aceh menuju pendidikan santri yang berkualitas.

Selain itu tambah Zahrul Fajri S.Ag., MH juga membahas isu-isu yang perlu mendapat perhatian kita bersama seperti isu kekerasan, kesehatan lingkungan Dayah, dana Doka yang akan berakhir 2027 serta isu melahirkan ulama muda dan kemandirian dayah secara ekonomi perlu mencari solusinya.

Pada kesempatan itu turut memberikan sambutan Pj. Bupati Aceh Barat Bapak Drs. Mahdi Effendi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Bumi Teuku Umar merupakan pelopor pembangunan pendidikan dayah yang berkesinambungan.

Selain itu tambah Drs Mahdi Efendi seraya mempromosikan daerahnya yang menyebut, Bumi Teuku Umar ini banyak kuliner dan mengajak peserta Rakor untuk menikmati keindahan alam dan juga menziarahi kubur Teuku Umar Johan Pahlawan.

Salah seorang peserta Rakor bersama yaitu Kadisdik Dayah Kabupaten Bireuen, Dr. H. Jufliwan, SH, MM mengatakan bahwa dengan adanya Rakor bersama Pendidikan Dayah Aceh kedepan dapat terbenahi dengan baik.

Dalam kaitan tersebut Dr H Jufliwan, SH, MM mengapresiasi panitia terutama Bpk Plt Kakanwil Kemenag Aceh
Ahmad Yani S.Pd.i dan Bapak Kadis Pendidikan Dayah Aceh Zahrul Fajri S.Ag., MH yang menggagaskan Rakor bersama ini untuk sinergitas peningkatan mutu pendidikan keislaman di seluruh Aceh dapat tercapai dengan baik dan akreditasi sehingga tujuan agar santri berkualitas akan terwujud.

Penulis: Suherman Amin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.