Kades Bassiang Bangun Semangat Transparansi dengan Bersosialisasi

Luwu, beritaterbit.com – Kepala Desa Bassiang Kecamatan Ponrang Selatan (Ponsel) kabupaten Luwu, Sulsel Takwasi, memberi contoh yang patut ditiru kepada kita semua. Pasalnya, saat kades yang satu ini akan menerima gaji intensif desa maka dipastikan semua aparat desanya diundang untuk hadir dalam rapat pertemuan sosialisasi penerimaan anggaran tersebut.

“Sosialisasi tersebut membahas besaran gaji yang mereka terima, jadi ini mulai dari aparat Kepala Dusun, Hansip, Imam Masjid, Bidan desa, BPD dan perangkat desa lainnya tidak ada yang ketinggalan kami undang. Sebab jangan sampai mereka hanya menerima gaji tapi lalai dalam menjalankan tugasnya,” terang Takwasi saat ditemui wartawan media ini, Selasa 22 Agustus 2023 di ruang kerjanya.

Sosialisasi ini, lanjut Takwasi, rutin ia laksanakan. Menurutnya rapat seperti ini sangat penting dilaksanakan sekaligus membahas apa saja program desa ke depan. “Atau jangan sampai ada permasalahan atau usulan-usulan masyarakat dari bawah yang kita tidak tahu. Makanya sangat penting,” kata Takwasi.

Dirinya juga menangkis jika ada masyarakat yang beranggapan para penerima BLT dana desa merupakan keluarga atau tim sukses kepala desa.

“Nanti ada yang beranggapan yang dikasih BLT itu orangnya pak desa, makanya rapat seperti ini penting agar warga semua tahu hak hak dan kewajibannya,” jelas Takwasi.

Dia berharap dengan apa yang dirinya telah lakukan itu akan menjadi percontohan bagi desa lain. “Bukan menggurui, tapi kami belajar untuk mengelola keuangan desa sebagai amanah bangsa dan Negara dengan cara yang baik, transparan dengan berazas pemerataan dan berkeadilan. Setidaknya ini merupakan tanggung jawab moral kami,” kunci Takwasi.

Menurut sejumlah warga di desanya, sosialisasi rapat penerimaan gaji intensif aparat desa tersebut patut dicontoh. “Inilah salah satu bentuk transparansi yang berhasil ditonjolkan kepala desa kami, semoga ini bisa terus berlanjut,” ujar salah satu warga yang enggan ditulis namanya.

Penulis: Yana

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.