Jelang Lebaran, Pemdes Batembat Salurkan BLT-DD Triwulan II

Nganjuk, beritaterbit.com – Menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tepatnya Jumat 14 April 2023, Pemerintah Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2023.

Penyaluran BLT-DD Triwulan II untuk bulan April ini bertempat di Pendopo Kantor Desa Batembat.

Kepala Desa Batembat, Ali Mahfud menjelaskan, program BLT-DD ini merupakan bentuk kebijakan perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat kurang mampu termasuk yang sumber penghidupannya terdampak pandemi Covid-19 tahun lalu.

“Sebagaimana penyaluran pada tahap Triwulan I, BLT-DD Triwulan II ini disalurkan kepada 40 keluarga penerima manfaat (KPM) yang penetapannya melalui musyawarah desa serta mengacu pada regulasi yang diberlakukan pemerintah,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa untuk tahun 2023 ini ada perubahan jumlah penerima BLT-DD dengan ketentuan surat Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 201/PKM.07 Tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana tahun anggaran 2023 sehingga saat ini hanya tinggal 40 orang penerima saja di Desa Batembat.

“Itulah mengapa jumlah KPM turun dari jumlah KPM tahun sebelumnya dan penggunaan dana desa (DD) tahun 2023 akan berbeda dari sebelumnya. Jika tahun 2020-2022, DD diprioritaskan untuk penanggulangan wabah Covid-19, namun untuk tahun ini dialokasikan dan fokus pada pemulihan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan tetap memperhatikan permasalahan yang masih mengemuka di desa,” katanya.

Ali Mahfud menambahkan, bahwa total anggaran BLT-DD yang disalurkan untuk bulan April ini sebesar Rp 120.000.000,-, dengan rincian Rp 300 ribu untuk setiap KPM (40 KPM) untuk bulan april 2023.

“Semoga BLT-DD ini bisa membantu meringankan beban keluarga penerima manfaat. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan dalam menyambut lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah yang tersisa beberapa hari lagi, kata Ali Mahfud yang juga sebagai Ketua KONI Kabupaten Nganjuk,” pungkasnya.

Sebagai informasi penerima manfaat ini juga diprioritaskan anak yatim dan penyandang disabilitas yang ada di Desa Batembat.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.