Irmawan Minta Pj. Gubernur Aceh Perhatikan Kerusakan Jalan Takengon Gayo Lues Via Bintang

Gayo Lues, Beritaterbit.com – Jalan Takengon-Gayo Lues via Bintang banyak yang amblas, kondisinya sangat memprihatinkan. Sesudah dilalui Anggota DPR-RI asal wilayah tengah Aceh, H. Irmawan meminta PJ Gubenur Aceh Achmad Marzuki untuk memperbaiki jalan tersebut. Hal ini disampaikan usai mendengarkan aspirasi dari masyarakat wilayah tengah Aceh pada Kamis (29/12/22).

Irmawan sangat khawatir terhadap kondisi jalan yang sudah banyak mengalami kerusakan akan memakan korban. Selain dari laporan masyarakat, dirinya juga sering melintasi jalan tersebut saat kunjungan kerja di wilayah tengah Aceh.

Dari pantauannya, ada puluhan titik amblasan terdapat di lintas jalan Takengan sampai Simpang Simpil. Ambalan terjadi ada yang mencapai 1 tahun sampai 7 tahun dengan tingkat amblasan dalamnya mencapai 1 meter sampai 50 meter dan sebagian badan jalan sudah termakan separuh. Jalan sudah sangat membahayakan, disamping itu sangat sulit untuk dilintasi.

Irmawan menegaskan, bila Provinsi Aceh tidak mampu menangani kerusakan jalan tersebut diminta PJ Gubenur untuk menyerahkan ke Pusat sehingga dapat ditangani oleh APBN. Kasihan masyarakat Aceh yang selalu memanfaatkan jalan tersebut. Terutama para pedagang dari pesisir yang sering mengalami kerusakan mobil akibat kerusakan jalan.

Syafruddin salah satu masyarakat Gayo Lues mengatakan, Jalan Gayo Lues-Takengon via Bintang menjadi jalan utama bagi masyarakat Aceh. Sementara jalan negara Gayo Lues-Takengon via Isak akses yang mulai ditinggalkan akibat rentang jarak yang berbeda jauh dibandingkan dengan jalan via Bintang menuju ke Takengon dari Gayo Lues. Namun kondisinya sekarang sudah banyak mengalami kerusakan terutama ada puluhan titik amblasan.

Kondisi ini sangat menghambat akses transportasi masyarakat. Mengingat jalan tersebut merupakan akses ekonomi sebagai transportasi sembako dari wilayah pesisir Aceh menuju ke Gayo Lues. Kami sangat berharap agar ada perhatian dari pemerintah Aceh. (jd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.