Harga Sembako Di Pasar Batu Saat Jelang Tahun Baru Stabil

Kota Batu, Jawatimur, Beritaterbit.com – Hal ini diketahui saat Polres, DPRD, dan Disperindag Kota Batu lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) harga di Pasar Besar Kota Batu. Rabu (23/12/20).

Sidak ini untuk menindaklanjuti kebijakan Pemkot Batu atas komitmen agar tidak ada kelonjakan harga sembako saat libur natal dan tahun baru.

“Salah satu yang naik telur yang tipis saja dan tidak mengganggu stock sampai di tahun baru nanti, namun secara keseluruhan, harga sembako stabil dan stock terjaga untuk libur nataru ini,” jelas Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo.

Ditambahkan Catur, bahwa tidak terjadi penimbunan dalam pantauannya kali ini, stock masih dapat terpantau maupun dikontrol dan masih dalam pengawasan kami.

“Jika terjadi penimbunan, dipastikan akan kami tindak tegas. Kalau ditimbun pasti harganya pasti akan melonjak dan tidak terkendali, itu indikatornya,” katanya.

Menanggapi temuan tersebut, Kepala Disperindag Kota Batu Eko Suhartono mengatakan bahwa kenaikan harga sembako di Kota Batu karena cuaca ekstrem.

“Tidak begitu signifikan kok, kenaikannya juga tipis dan masih terhitung stabil,” ungkap Eko.

Eko memaparkan, kenaikan harga sembako antara lain ialah telur dari Rp 23 ribu per kilo menjadi Rp 26 ribu. Juga cabai rawit dari Rp 40 ribu per kilo menjadi Rp 46.000. Dirinya melihat kenaikan harga ini masih dalam kewajaran.

“Tidak ada lonjakan drastis yang artinya tidak ada penimbunan. Tidak hanya hari ini, kami akan tetap pantau fluktuasi harga disini (Pasar Besar Batu, red) hingga pergantian tahun,” pukasnya. (Har)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.