Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Bidang Cipta Karya Ratakan Pembangunan Di Segala Aspek

Magetan, Beritaterbit.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bidang Cipta Karya Kabupaten Magetan mendapatkan kucuran anggaran dengan total nilai mencapai Rp 15 miliar di tahun 2024.

Kepala Dinas PUPR Magetan, Muhtar Wahid menjelaskan, dengan total nilai itu terbagi di beberapa titik lokasi pekerjaan.

“Yakni sanitasi dan penyediaan air minum, kami paparkan bidang air minum terdapat 5 lokasi titik pekerjaan, 4 titik berupa peningkatan sumur berada di Desa Giripurno, Garon, Mantren dan Bungkuk. Sedangkan untuk lokasi sisanya berada di Desa Sumbersawit berupa perluasan,” jelasnya pada awak media, Selasa (23/4/2024).

Sementara itu untuk bidang sanitasi memaparkan, ada instalasi pengolahan limbah (IPAL) komunal di Desa Poncol, Gonggang, Genilangit dan Buluharjo. Lalu untuk IPAL individu melanjutkan, ada di Desa Kleco dan Karas.

“Untuk pengerjaannya sendiri bidang sanitasi dikerjakan secara swakelola sedangkan untuk bidang air minum secara kontraktual,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, untuk tahun ini pihaknya juga mendapatkan program lanjutan DAK tahun sebelumnya untuk pelayanan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) berupa truk tinja. “Untuk pengadaannya nanti melalui e-catalog,” imbuhnya.

“Jadi untuk saat ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Magetan untuk peningkatan program kesehatan untuk terus berupaya dalam penurunan nilai stunting, terutama ada Desa Kleco dan Karas yang mendapat DAK berupa IPAL Individu itu yang lokus fokus pada 2024 yaitu penurunan stunting,” bebernya.

Masih lanjut Muhtar Wahid “Untuk bidang cipta karya untuk kekurangan air, di daerah tersebut Alhamdulillah untuk tahun ini kita lanjutkan diantaranya di daerah selatan yang di musim kemarau kekurangan air,” bebernya.

Masih kata Muhtar “Pihaknya juga telah menyediakan sumur-sumur dan pamsimas di tahun ini tidak ada program. Serta kemudian seperti halnya trotoar-trotoar di wilayah wisata Telaga Sarangan tahun ini kami lanjutkan. Di tahun 2023 masih sebelah saja dan tahun 2024 kita bangun sebelahnya jadi kanan kiri sudah nampak nantinya,” pungkasnya.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.