Efek Baik Dibalik Wabah Covid-19

beritaterbit.com – wabah Covid-19 sudah menyebar keseluruh dunia, virus yang awalnya dirasakan oleh negara China ini kini sudah menjadi persoalan dunia. Coronavirus ini adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19. Tak terkecuali indonesia, di Indonesia sendiri kasus covid19 sudah mulai tersebar ke berbagai daerah.

Ada banyak cara yang dilakukan para pemimpin negara di dunia untuk mengendalikan penularan SARS-CoV-2 demi meredam jumlah pasien meninggal. Betapa tidak, Covid-19 berdampak besar pada kualitas kesehatan manusia yang pada akhirnya merontokkan perekonomian.

Dari berbagai cara yang dilakukan untuk mengatasi wabah Covid-19 ini adalah dengan berdiam di rumah dan bekerja di rumah.

Berikut dampak baik efek wabah Covid-19 pada kehidupan manusia di era modern:

1.Pola Hidup Bersih dan Sehat
Perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur – jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

Wabah Covid-19 membuat penduduk dunia sekarang rajin cuci tangan untuk mencegah masuknya virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, virus itu masuk lewat jalur mata, hidung, dan mulut. Seperti diketahui, tangan kerap menyentuh ketiga bagian dari tubuh itu.

Cuci tangan selama 20 detik, dengan benar yakni menggunakan sabun dan air mengalir akan membunuh SARS-CoV-2. Oleh karena itu, sangat disarankan rajin-rajin mencuci tangan jika perlu menggunakan hand sanitizer.

2. Keluarga Harmonis
Salah satu cara mencegah penularan Covid-19 adalah berada di rumah, dan ini sudah dilaksanaan di berbagai negara dengan kebijakan ‘lockdown’ atau karantina wilayah maupun nasional.

Sebagai efeknya, para siswa dan manusia dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga mahasiswa belajar dari rumah. Demikian juga dengan karyawan, termasuk aparatur sipil negara (ASN) mereka bekerja dari rumah.

Dampaknya, orangtua yang biasanya sibuk bekerja seharian, bisa memiliki waktu lebih banyak bertemu dengan anak dan istri. Demikian juga dengan para pemuda yang semula suka nongkrong di warkop,jalan- jalan ke mall kini lebih banyak waktu di rumah.

3. Tidak Gagap Teknologi
Belajar dan bekerja di rumah membuat orang harus paham teknologi komunikasi tekini. Pasalnya, pada masa wabah Covid-19 ini terjadi, rapat dan pembelajaran dilakukan secara online berupa vidio, atau google classroom bagi.

Hal ini memaksa pelajar dan karyawan bisa menggunakan aplikasi yang memungkinkan melakukan tatap muka virtual seperti aplikai Zoom, dan guru punharus kreatif menghadirkan bahan pelajaran secara daring.

4. Keamanan Lingkungan
Pencegahan penularan Covid-19 dengan berdiam di rumah membuat mobilitas warga terbatas. Kerumunan orang disekitar pun dibubarkan dengan menerjunkan aparat polisi.

Selain polisi berkeliling di tingkat RT/RW untuk memantau kerumunan warga pada siang hingga malam hari, pengurus RT/RW pun lebih waspada dengan pendatang ke lingkungan. Jika pun ada akan di cek terlebih dahulu kondisi pendatang tersebut.

5.Konsumsi Vitamin dan Herbal
Di tengah wabah Covid-19, salah satu cara mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Peningkatan imunitas bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi vitamin yang sifatnya meningkatkan daya tahan tubuh, seperti vitamin C dan E. Selain konsumsi vitamin, cara lain meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan  berjemur di sinar matahari pada pagi hari selama 15 menit.

6. Perusahaan farmasi berusaha menemukan obat Covid-19
Perusahaan farmasi Sanofi dan Regeneron Pharmaceuticals Inc telah memperluas uji klinis obatrheumatoid arthritis – Kevzara – sebagai obat untuk virus corona baru untuk pasien di luar Amerika Serikat.

Kevzara merupakan obat pengubah sistem kekebalan yang dikenal sebagai antibodi monoklonal.

Para dokter telah melihat bahwa banyak dari mereka yang sakit kritis akibat SARS-CoV-2 mengalami apa yang disebut badai sitokin, yakni gangguan kesehatan yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dan menyerang organ-organ tubuh.

Untuk itu, beberapa peneliti berpikir bahwa obat yang dapat menekan sistem kekebalan, termasuk antibodi monoklonal, mungkin berguna untuk membatasi respons autoimun tersebut.

10.Tarif Listrik 450 VA Gratis 3 Bulan, 900 VADiskon
Presiden Joko Widodo menjanjikan stimulus untuk tarif listrik guna meredam dampak ekonomi akibat Covid-19 di Indonesia. Pemerintah akan membebaskan biaya untuk pelanggan listrik 450 VA selama 3 bulan ke depan.

“Perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA, yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama 3 bulan ke depan, yaitu April, Mei, dan Juni 2020,” katanya melalui video conference dari Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Selain itu, bagi pelanggan listrik 900 VA akan mendapatkan keringanan berupa potongan harga sebesar 50 persen selama periode yang sama. Saat ini jumlah pelanggan memakai listrik 900 VA sekitar 7 juta pelanggan.

Jokowi berulang kali menyampaikan bahwa virus corona bukan hanya memberikan dampak kesehatan bagi negara yang terinfeksi. Namun juga menimbulkan dampak ekonomi yang signifikan.

10.Xi Jinping dan Trump Berdamai
Kasus Covid-19 yang terus memuncak, ternyata membuat  hubungan AS dan China membaik setelah terjadi ‘perang’ opini antara Beijing dan Washington soal corona.

Sebelumnya, Trump dan pejabat tinggi AS lainnya menuduh China kurang transparan terkait virus yang telah menewaskan lebih dari 24.000 orang secara global itu. Tuduhan tersebut membuat China marah.

Presiden China Xi Jinping mengatakan pada Donald Trump dalam percakapan melalui sambungan telepon, Jumat (27/3/2020),  bahwa China bersedia untuk membantu AS dalam menghadapi virus corona.

Xi menawarkan dukungan kepada Amerika Serikat, yang sekarang memiliki lebih banyak infeksi virus corona atau Covid-19 daripada China.

Trump mengatakan melalui cuitan di akun Twitternya bahwa ia membahas wabah virus corona “dengan sangat rinci” dengan Xi.

Dibalik musibah ada hikmah

Covid-19 memang jadi beban semua negara dan masyarakat dunia.

Khawatir berlebihan, terkekang di dalam rumah lantaran sering di rumah aja, hingga beberapa di antaranya ada yang rela mengakhiri hidupnya karena merasa putus asa.

Beberapa waktu lalu viral sebuah video ‘surat cinta dari corona’, dimana di dalamnya berisi hikmah dan pelajaran dari pandemi global virus Corona Covid-19 yang membuat banyak orang kembali merenung, mencari tahu apa maksud dari ujian hidup berupa wabah ini.

Alhasil, jadi banyak orang semakin banyak beribadah mengingat Tuhan, intropeksi diri, hingga bumi yang akhirnya punya waktu untuk istirahat dari berbagai paparan polusi udara, jalanan yang lengang, dan masih banyak lagi perubahan drastis yang terjadi di bumi ini
#dirumahaja

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.