Dusun Batu Tajam, Sawahlunto Panen Perdana Bawang Merah

Sawahlunto (SUMBAR), beritaterbit.com – Dusun Batu Tajam, Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto lakukan panen perdana untuk komiditas Bawang Merah. Dengan panen perdana ini, sudah 2 Dusun di Desa Kubang Tangah yang berhasil menghasilkan komoditas Bawang Merah. Setelah sebelumnya Dusun Guguak Pauh juga melakukan panen perdana Bawang Merah pada November 2020 lalu.

Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, panen dilakukan pada Minggu 10 Januari 2021 kemaren dan dihadiri langsung oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH didampingi Kepala Dinas Lelis Epriyenti Lelis Epriyenti dan General Manager PT. BA Pertambangan Ombilin Yulfaizon.

Rice Ricardo, Kepala Desa Kubang Tangah katakan, panen Bawang Merah ini berkat kerjasama dan sinergi antara Pemerintah Desa Kubang Tangah dengan Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto.

Pemko Sawahlunto melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, telah memberikan pendampingan dan pelatihan/pembinaan secara pengetahuan serta keterampilan dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan melalui Penyuluh Pertanian dan jajaran lainnya. Sementara, untuk bibit dan bahan – bahan penunjang pertanian bawang merah lainnya itu dibantu oleh Pemerintah Desa.

“Pengembangan pertanian saat ini memang sedang menjadi prioritas kita. Makanya kita menganggarkan bantuan bibit dan lainnya. Telah kita anggarkan Rp. 10 juta, untuk anggaran perubahan APBDes 2021 ini kita tambah sehingga menjadi Rp. 32 juta,” kata Kepala Desa Rice.

“Kita begitu pekerjaan di kantor sudah selesai atau bisa diwakilkan dengan jajaran lain, maka kita pasti turun ke ladang masyarakat, melihat bagaimana perkembangan mereka bertani. Ini untuk memantau apakah bantuan yang kita berikan benar – benar dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Juga agar jika petani mengalami kendala, maka kita bisa ikut membantu,” tambah Rice.

Rice juga katakan saat ini sudah ada 6 Kelompok Tani di Kubang Tangah yang bertanam bawang merah ini. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.