Bertandang ke DPRD Bengkulu Tengah warga minta perbaiki jalan, Dewan Panggil OPD Terkait

Bengkulu Tengah, Beritaterbit.com – Perwakilan warga Kecamatan Pematang Tiga, Bang Haji dan Merigi Sakti kemarin (25/1) mendatangi kantor sekretariat DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Kedatangan mereka untuk menggelar hearing dengan anggota DPRD Benteng prihal permintaan perbaikan jalan Desa Komering – Desa Susup yang merupakan akses jalan penghubung antar desa, antar Kecamatan maupun antar Kabupaten. Selain itu turut hadir beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir.

Perwakilan dari warga yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Benteng, Rahmat Ali menjelaskan, kedatangan mereka ke DPRD ini meminta kepada DPRD untuk memperbaiki kondisi jalan Desa Komering-Desa Susup yang saat ini kondisinya sudah sangat rusak dan sangat hancur sejak tahun 2019 lalu pada saat banjir besar yang melanda Kabupaten Benteng.

“Jangankan untuk dilalui motor, jalan dengan berjalan kaki saja sudah tidak bisa dan sangat sulit. Sebab pada saat ini jalan tersebut sudah hancur, rusak dan tertutup oleh tanah longsor dari dua sisi, baik dari sisi kanan dan kiri. Kami meminta agar DPRD bersama DPRD Benteng untuk membuka kembali akses jalan tersebut,” katanya

Lebih jelasnya Apabila jalan tersebut diperbaiki dan dibuka kembali, maka akan sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat yang berada dilokasi sekitar, baik itu dalam menjalani aktivitas maupun dalam menjalankan roda perekonomian diwilayah tersebut. Selain itu juga jalan tersebut merupakan akses jalan penghubung dari Kabupaten Kepahiang menuju Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang.

“Kami mengetahui jika jalan Desa Komering – Desa Susup pada tahun ini mendapatkan alokasi perbaikan jalan sepanjang 2 Km. Dengan panjang yang hanya 2 Km tersebut tidak akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Percuma saja jalan sepanjang 2 Km diperbaiki namun masih ada bagian jalan di desa kami ini yang kondisi jalan masih terisolir dan hancur berat,” jelasnya

Ia menegaskan bukannya warga tidak berterima kasih kepada Pemkab Benteng dan DPRD mengenai pembangunan ini. Tetapi yang dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini ialah akses jalan yang terisolir tersebut dan tertutupi oleh tanah agar dibuka kembali agar jalan diwilayah tersebut kembali aktif. Apabila jalan tersebut sudah aktif kembali, barulah perbaikan jalan dilakukan oleh Pemkab Benteng.

“Jadi kami sangat berharap jalan Desa Komering – Desa Susup ini bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, meskipun sementara waktu jalan tersebut masih berbentuk koral dan batu. Yang terpenting jalan ini bisa aktif dan dibuka kembali,” tutp Rahmat Ali.

Sementara itu, Ketua DPRD Benteng, Budi Suryantono, S.Sos mengatakan, menyikapi kedatangan dan permintaan dari warga ini, pihaknya pada hari ini akan langsung melakukan pemanggilan terhadap OPD teknis terkait. Baik itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)

“Pemanggilan ini untuk memgajak OPD terkait ini duduk bersama membahas permintaan ini. Sebab kami yakin OPD terkait ini memiliki solusi mengenai pembukaan jalan yang ada di Desa Komering – Desa Susup tersebut. Kemudian nanti kami juga akan meminta Dinas PUPR untuk menurunkan alat berat untuk melakukan pembukaan jalan yang terisolir tersebut,” ujar Budi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.