Bersama Warga Menjaga Lingkungan Supaya Tetap Bersih Tanpa Membuang Sampah Sembarangan

Pelalawan, Beritaterbit.com – “Bersih itu indah supaya bersama warga saling menjaga lingkungan tetap bersih, tidak membuang sampah sembarangan,” ungkap Tengku Indra Kabid Kebersihan Kabupaten Pelalawan di ruang kerjanya, Senin (22/2/2021).

Karena hampir di setiap bahu Jalan Engkau Raja Lela Putra Kelurahan Kerinci Timur Kec PKL Kerinci Kabupaten Pelalawan Riau banyak sampah dibuang sembarangan oleh warga.

Persoalan sampah sepertinya tak pernah terselesaikan secara baik. Pemandangan sampah yang berserakan seakan menjadi hal yang lumrah. Dalam menangani sampah, terlebih masyarakatnya yang kurang sadar akan kebersihan.

Pihak Dinas Kebersihan sudah bolak balik turun ke lapangan karena tumpukan sampah di bahu jalan.

“Hal seperti ini membuat Lurah setempat mengajak kerja sama warga Kelurahan Kerinci Timur supaya selalu diimbau agar warga penuh dengan kesadaran tentang kebersihan,” ungkap Tengku Asril.

Karena bahu jalan itu seperti dijadikan tempat pembuangan sampah rumah tangga oleh masyarakat.

Akibat pembuangan sampah sembarangan itu, juga mengundang penciuman yang kurang sedap atau bau busuk akibat berbagai kotoran rumah tangga ditumpuk di sana.

Baik siang dan malam, dengan gampangnya masyarakat membuang sampah di pinggir jalan. Masyarakat yang membuang sampah di tepi jalan seperti tak merasa berdosa. 

“Padahal masing-masing RT biasanya ada swakelola sampah yang dilakukan warga. Tapi anehnya, masih banyak warga yang sembarangan buang sampah. Kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada pemerintah, tapi kesadaran warga itu juga penting,” tegasnya.

“Pada Minggu, 21 Februari 2021 pihak Pemda Pelalawan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan, punya respon mengangkut sampah yang ada di bahu jalan dengan menutupi tanah timbun nantinya akan dibuat taman,” tandasnya. (toman)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.