Bawaslu Bone Berikan Rekomendasi ke KPU Saat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara

Bone, Beritaterbit.comBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Sulawesi Selatan aktif mengawasi proses Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten yang berlangsung hingga dini hari sekitar pukul 00.05 Wita di Novena Hotel, Selasa (5/3/2024).

Pleno rekapitulasi yang dilakukan pada tingkat kabupaten, diketahui bahwa proses rekapitulasi telah sampai pada kecamatan terakhir yakni Kecamatan Tanete Riattang Barat.

Proses rekapitulasi tingkat Kabupaten Bone, untuk Kecamatan Tanete Riattang Barat terdapat tanggapan dari Saksi Partai Demokrat karena adanya perbedaan data DPK (Daftar Pemilih Khusus) sehingga Bawaslu Bone memberikan 3 rekomendasi kepada KPU Bone.

“Ketiga rekomendasi yaitu, yang pertama adalah memeriksa dan melakukan penelitian pada seluruh daftar hadir DPK yang ada di Kecamatan Tanete Riattang Barat, jika belum ditemukan selisih data yang dimaksudkan dilakukan penelitian pada C1.Plano, kemudian jika dalam penelitian C1.Plano masih belum ditemukan selisih data tersebut, maka diadakan penghitungan suara ulang, ”
tegas Alwi, Ketua Bawaslu Kabupaten Bone.

Jajaran Bawaslu Bone massif melakukan pengawasan dalam rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota untuk memastikan rekapitulasi berjalan sesuai prosedur dan memastikan suara terkawal dengan baik.

Setelah menyampaikan rekomendasi tersebut, KPU Bone langsung menindaklanjuti bersama dengan jajaran PPK Kecamatan Tanete Riattang Barat dan disaksikan oleh perwakilan masing-masing Partai Politik.

Penulis: Arur

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.