Disinyalir jalan nasional Mendalo menjadi Jalur Macet Selama Mudik

Jambi, beritaterbit.com- Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Jambi yang menjadi jalur mudik tepatnya di ruas jalan Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi menjadi salah satu titik macet karena kondisi jalan yang masih sempit.

Pengamatan di lapangan, Selasa, 05/06 ruas jalan itu kerap macet pada pagi hingga siang hari karena ada dua kampus besar di kawasan itu, dimana mahasiswa yang dominan menggunakan kendaraan roda dua juga memadati kawasan tersebut.

Selain itu jalur tersebut menjadi jalur utama Jambi menuju Sumatera Barat dan sebaliknya serta Padang, Pekanbaru dan sebaliknya. Kemacetan ini ditambah karena banyak nya kendaraan batubara dan kendaraan bertonase besar lainnya.

“Ini jalur utama tapi jalannya masih kecil,” kata salah satu warga Mendalo, Roni.

“jika sudah macet kendaraan baru terurai 2 hingga 3 jam Kemudian panjang macet mencapai 1 hingga 3 kilometer dan terkadang macet hingga ke persimpangan Kota Jambi tepatnya di Simpang Rimbo dan persimpangan Sungai Duren atau menuju Sumatera Barat.” tambah Roni.

Meski saat ini dilakukan pengerjaan pelebaran jalan di sisi kiri dari arah Jambi pada ruas jalan Mendalo tersebut namun, kondisi itu juga membuat macet karena, ada alat berat yang beroperasi di jalan itu.

Bagi pemudik, hendaknya menghindari melewati jalan nasional tersebut pada jam-jam tertentu jika tidak ingin terjebak macet. Seperti pagi hingga siang hari dan sore menjelang magrib.

“Kalau mau sepi biasanya saat maghrib atau pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Tapi setelah itu kembali padat hingga pukul 22.00 WIB. Tapi setelah pukul 22.00 WIB biasanya sepi hingga pukul 07.00 WIB,” tambahnya. (Rustam)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.