Bersih Desa Mlorah Sebagai Bentuk Rasa Syukur Kepada Sang Maha Kuasa

Nganjuk, Beritaterbit.com –  Masyarakat Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, hari ini Jumat (26/5/2023) melaksanakan kegiatan rutin tahunan bersih desa dimana desa merupakan tempat kita tinggal dan menikmati hasil bumi dari berkah Sang Pencipta-Nya.

Arakan tumpeng yang berisi hasil bumi diarak mengelilingi Desa Mlorah menuju makam sesepuh atau biasa disebut orang jawa (orang yang babat alas desa tersebut). “Setiap tahunya peringatan Bersih Desa Mlorah dimulai dari nyadran ke tempat makam sesepuh yang dipercaya masyarakat setempat sebagai Akal Bakal Cikal desa, yang biasanya di laksanakan setiap tahunnya setelah musim panen tiba,” ungkap salah satu warga Desa Mlorah kepada awak media.

“Bersih desa merupakan wujud syukur masyarakat kepada sang Pencipta yang telah memberikan nikmat dari Hasil Bumi, dan tumpeng merupakan gambaran dari hasil bumi yang talah kita dapatkan untuk di bagi bagikan kepada sesame,” tambahnya.

Tidak hanya itu, kegiatan lebih semarak dengan diselenggarakannya wayang dan tayub. “Semua itu untuk hiburan warga mas,” pungkas Warga Desa Mlorah.

Sebagai informasi acara tersebut dilaksanakan setiap hari Jumat pada Jumat kliwon (pada pasaran jawa) secara rutin mulai dari leluhur Desa Mlorah.

Reporter: Gendro

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.