HUT Dekranasda Ke 38 Dan Pengukuhan Dekranasda Kabupaten Lambar 

LAMPUNG BARAT, beritaterbit.com – Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Kabupaten Lambar Periode 2017-2022 dan HUT ke 38 Dekranasda di Ruang Rapat Kagungan Pemkab Lambar Kamis 15/03/2018.

Acara  Di hadiri oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs.Mad Hasnurin ,Ketua Dekranasda Partinia Parosil Wakil Ketua Gurti Komalarati, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH,Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua Darma Wanita Kabupaten Irma Akmal, dan Kepala OPD serta pengurus Dekranasda.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka pelantikan atau pengukuhan pengurus Dekranasda Kabupaten Lambar periode 2017-2022 mulai dari wakil ketua, ketua harian sekretaris, bendahara dan ketua-ketua bidang peserta anggotanya, sedangkan untuk jabatan ketua dekranasda Kabupaten Lambar periode 2017-202 telah di Lantik dan di kukuhkan oleh ketua Dekranasda provinsi Lampung pada 11 Desember 2017.

Sementara itu, dalam sambutanya Ketua Dekranasda Kabupaten Lambar, Partinia Parosil, menyampaikan Dekranasda pada dasarnya adalah lembaga independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah daerah kabupaten, dalam membina pengembangan seni kerajinan yang berbasis Pada warisan budaya bangsa.

“Merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada dengan semangat untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa. yang pada gilirannya dapat mengangkat kualitas produk kerajinan dan meningkatkan kesejahteraan perajin.

Untuk itulah diperlukan pembentukan dewan pengurus deskranasda di kabupaten Lambar yang kita cintai,” papar Partinia Parasonil.

Adapun landasan hukum pembentukan Dekranasda yang terakhir adalah mengacu kepada keputusan bersama menteri perindustrian, menteri perdagangan, menteri dalam negeri, menteri pariwisata, menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah ,serta menteri badan usaha milik negara taun 2015.

Selanjutnya berdasarkan keputusan dewan kerajinan nasional daerah provinsi Lampung nomor: 26/DEKRANASDA/SK/II/2018 Tentang pengesahan pengurus dewan kerajinan nasional daerah kabupaten Lampung barat periode tahun 2017-2022 tanggal 8 Febuari 2018 telah disahkan oleh ketua dekranasda provinsi Lampung ibu Hj.Yustin Ridho Ficardo, S.Sos.

Bupati Lambar, Parosil Mabsus, menyampaikan bahwasanya Dekranasda ini adalah sebagai salah satu wadah organisasi yang memiliki tujuan untuk menggali mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkokoh jati diri budaya bangsa .

“Dengan harapan kerjasama yang semakin baik semakin intens maka produk kerajinan Lambar akan terus berkembang hal ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan para perajinnya,” jelas Bupati Lambar.

“Pada HUT ke 38 ini semoga Dekranasda Lampung terus mengembangkan dan terus melestarikan kerjinan yang ada di Lambar dan Lambar sedang melestarikan cekungan sebagai kerajinan Lambar agar celugam tetap berkembang salah satunya dengan cara mempromosikan kerajinan khas Lambar tersebut dan terus mengembangkan produk yang berbahan celugam yang tentunya akan menjadi kebanggaan kita semua jika celugam dapat di kenal oleh masyarakat luas tidak hanya di provinsi Lampung,” tambah Bupati Lambar.(SKR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.