Pentingnya Maaf

Bengkulu,beritaterbit.com – Nilai manusia bukan cuma pada kedudukan dan hartanya saja. Justru yang lebih mahal dari semua itu adalah berperilaku baik kepada sesama manusia. Berakhlakul karimah kepada sesama merupakan hal yang sangat penting sebab pahala ibadah seseorang bisa saja habis bila semasa hidupnya berperilaku jahat dan suka menyakiti orang lain. Lebih dari itu, orang-orang yang berperilaku jahat bisa menanggung dosa orang yang disakiti jika pahalanya tidak mencukupi sebagai penebus manakala kelak di akhirat orang-orang yang disakitinya menuntut keadilan. Pahala habis, dosa malah bertambah. Itulah gambaran orang yang suka menyakiti orang lain kelak di hari kiamat.

Itulah sebabnya mengapa maaf menjadi sangat penting? Sebab dosa yang dilakukan seseorang kepada sesama manusia sulit diampuni oleh Allah bila kita tidak meminta maaf pada orang-orang yang telah disakiti. Maka pada pada siapapun kita perlu saling memaafkan dan meminta maaf. Apalagi pada orang-orang yang pernah kita dizalimi.

Bulan Syawal, bulan yang lazim kita laksanakan halal bihalal, open house, saling kunjung dan silaturahmi. Maka, manfaatkanlah buat membersihkan diri dari salah dan khilaf pada sesama. Jika Pandemi menjadi kendala kita masih punya sosial media sebagai sarana. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita kepada-Nya dan dosa pada sesama..(Salam UJH)

Pagar Dewa, 17052021
(Pesan Harian UJH edisi Senin 17 Mei 2021)

#kamibersamaUJH
#UJHmengabdi
#pesanharianUJH

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.