7 Resep Makanan Istimewa Khas Perayaan Imlek, Wajib Coba!

Pergantian tahun baru Imlek tak lengkap rasanya tanpa berbagai makanan khas resep makanan khas imlek. Selain sebagai suguhan wajib di meja makan, hidangan Imlek juga mengandung harapan baik sang tuan rumah untuk para tamunya. Nah, penasaran makanan apa saja sih yang wajib tersaji di meja saat pergantian tahun China? Yuk simak rekomendasi resepnya berikut ini!

1. Ketupat Imlek
Setiap perayaan tahun baru, ketupat atau kue nasi selalu wajib hadir di meja makan orang China. Makanan khas Indonesia yang satu ini ternyata juga populer disantap saat Imlek lho. Isi nasi pulen yang dibungkus daun janur melambangkan harapan hidup yang baik. Tak heran rasanya wajib ada saat reuni keluarga di Imlek.

2. Kuetiau Goreng
Kuetiau goreng ala Chinese food memang sudah populer sejak lama. Makanan yang terbuat dari irisan mie putih ini cocok banget disantap saat imlek. Sensasi kuetiau yang kenyal dipadu toping sayur segar dan protein seperti bakso ikan, udang, ayam, atau sapi sungguh perpaduan sempurna! Ditambah taburan bawang goreng yang wangi, bikin kuetiau goreng makin sedap saat pergantian tahun.

3. Capcay Goreng
Selain makanan berkuah, capcay goreng juga boleh jadi menu andalan Imlek lho. Olahan nikmat berisi beragam sayuran segar yang digoreng ini sungguh menggugah selera. Ditambah capcay berprotein seperti udang, bakso, sosis, daging ayam, atau seafood bikin rasanya makin mantap. Tak lupa siram saus telur asin dan taburan wijen sangrai melengkapi kenikmatan capcay saat tahun baru China.

4. Siomay dan Batagor
Batagor dan siomay juga makin populer disantap saat perayaan Imlek. Olahan tahu dan ikan tenggiri yang dibungkus kulit pangsit ini sangat cocok disajikan hangat-hangat dengan siraman saus kacang. Lumer di mulut! Tak hanya batagor dan siomay Ayam atau Udang, variasi lain seperti Batagor Orak Arik Telur dan Siomay Ikan Patin juga layak dicoba sebagai santapan tahun baru China.

5. Lumpia Semarang
Camilan khas Indonesia satu ini juga cukup populer sebagai suguhan khas Imlek. Lumpia Semarang yang terbuat dari irisan rebung, telur, dan daging ayam ini sangat sedap rasanya. Apalagi jika dilengkapi dengan siraman saus kacang manis pedas khas. Lumer dimulut! Cocok banget sebagai teman mengobrol saat kumpul keluarga.

6. Pangsit Goreng
Camilan sederhana yang satu ini sepertinya memang selalu cocok untuk setiap momen. Begitu pula saat perayaan tahun baru China atau Imlek. Isian pangsit yang bervariasi mulai dari daging ayam, udang, ikan, hingga sayuran ini sangat lezat ketika digoreng. Apalagi dicocol saus pedas asam manis kesukaan. Enak dan praktis menjamu seluruh keluarga.

7. Sup Bola Daging
Sajian sup hangat nan sehat juga wajib hadir di perayaan tahun baru China. Salah satu sup istimewa khas Imlek adalah sup bola daging. Bola daging yang terbuat dari campuran daging giling dan tepung ini sangat lezat ketika dinikmati dalam kuah kaldu bening yang hangat. Ditambah sayur sehat seperti wortel dan jamur kancing, lengkap sudah kenikmatannya.

Nah, semoga inspirasi resep makanan lezat khas Imlek di atas bisa melengkapi meja makan Anda saat pergantian tahun China nanti. Selamat mencoba dan selamat menyambut tahun baru Imlek! Sekian artikel resep makanan khas imlek dari kami semoga artikel ini bisa membantu kalian yang ingin masak sendiri dirumah!

Ruangan komen telah ditutup.