147 Kepala Kampung di Kabupaten Tulang Bawang Ikuti Bimtek Pengelolaan Dana Desa

Tulangbawang, beritaterbit.com – Penjabat Bupati Tulang Bawang Drs Qudrotul Ikhwan MM menghadiri kegiatan Bimtek Penyusunan Pengadaan Barang dan Jasa di desa berdasarkan PERKA LKPP No. 12 tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang dan Jasa yang dilaksanakan di Hotel Horison Bandar Lampung, Minggu (30/7/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 294 peserta dari 147 kampung se-Kabupaten Tulang Bawang dengan rincian data kehadiran 138 kepala kampung dan 156 aparatur kampung atau staf. Dalam kegiatan tersebut Pj. Bupati Tulang Bawang didampingi oleh Kadis PMK, seluruh Camat serta Kabag Tapem Setdakab Tulang bawang.

Dalam arahannya Penjabat Bupati Tulang Bawang Drs Qudrotul Ikhwan MM menyampaikan kepada seluruh kepala kampung agar dapat berhati-hati dalam mengimplementasikan anggaran dana desa.

Selain atas dasar skala prioritas, Anggaran Dana Desa juga harus dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta senantiasa bermusyawarah dengan seluruh unsur terkait sehingga penggunaan anggaran tersebut tepat sasaran dan membawa manfaat bagi kemajuan desa/kampungnya.

“Dalam pembangunan kampung baik pembangunan fisik maupun non fisik yang menggunakan anggaran dana desa setiap kakam agar melaksanakan musyawarah terlebih dahulu apa saja yang diprioritaskan dan sesuai kebutuhan masyarakatnya serta sesuai regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui kementerian desa,” jelas Qudrotul Ikhwan.

Pj. Bupati Tulang Bawang menambahkan “Seluruh kepala kampung juga diharapkan lebih jeli melihat keunggulan yang bisa dikembangkan oleh kampung, baik di bidang UMKM, kerajinan tangan dan usaha produktif lainnya. Sehingga kampung tersebut memiliki nilai jual ditingkat Nasional dan internasional. Hal ini menjadi sangat penting dalam rangka menuju Kampung Mandiri”.

Dalam kesempatan ini Pj. Bupati Tulang Bawang juga berharap agar semua kakam dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai regulasi yang berlaku dan berpesan agar semua kepala kampung, aparatur kampung serta peserta BIMTEK dapat mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik sehingga kedepan dalam pengelolaan dana desa terkait pengadaan barang dan jasa menjadi efektif dan efisien serta dapat dipertangung jawabkan.

Penulis: Mardi

Editor: Wu;an

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.