Miris Harga Ikan Di TPI PPN Idi Anjlok Jelang Pergantian Tahun

Aceh Timur, beritaterbit.com – Miris para nelayan mengeluh Harga ikan Seribu Rupiah perkilogram menjelang pergantian Tahun Baru 2019-2020, harga ikan pada hari ini rabu seperti ikan tongkol jenis (Jerbok) Seribu Rupiah dan ini tentu sangat berdampak pada ekonomi pendapatan masyarakat nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sektor kelautan, Rabu (25/12/2019).

Dari hasil pemantauan media ini dilapangan khususnya di dermaga PPN Idi Gampong Blang Gelempang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur, harga ikan di TPI Anjlok hingga pada titik yang sangat terendah dimana seperti jenis ikan tongkol (Jerbok) dijual dengan harga Seribu Rupiah perkilogram.

Jenis harga ikan Pilok tiga ribu rupiah, ikan selayang (Reugak) empat ribu rupiah, jenis ikan tuna ukuran besar empat belas ribu rupiah, jenis ikan sotong atau cumi-cumi tiga puluh ribu rupiah perkilogram dan hampir semua jenis ikan harganya anjlok mencapai 70 persen dan keadaan seperti ini saat tentu pertumbuhan ekonomi masyarakat yang bergerak disektor perikanan sangat lamban saat menjelang pergantian tahun 2019-2020.

Saat dikonfirmasi oleh media ini kepada beberapa pedagang ikan yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa mereka sangat beruntung karena ikan ikan yang mereka beli dengan harga yang sangat murah dan tentunya mereka akan mendapatkan keuntungan diatas rata rata 80 persen, demikian ungkapnya, namun keadaan seperti ini tidak bagi baik bagi para nelayan yang menggantungkan hidupnya dari hasil tangkapan mereka yang sangat melimpah namun tidak ada nilai harganya, dan keluhan ini datang dari salah satu nelayan Aiyub menyebutkan bahwa memang hasilnya tangkapannya banyak tapi nilai jual tidak ada sehingga hasilnya juga tidak seberapa.

Harapannya kepada pemerintah Aceh Timur dapat mengatasi keadaan seperti ini dapat segera diatasi Demikian imbuhnya. (Zoel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.