Kenakalan Orang Tua

beritaterbit.com

Belakangan ini yang sudah sering kita dengar adalah pembahasan atau seminar tentang “Kenakalan Remaja dan cara mengatasinya” lama kelamaan terbentuklah sebuah paradigma yang keliru,yakni seakan terganggunya keharmonisan dalam rumah tangga penyebabnya adalah berasal dari orang tua.

Selama ini belum pernah mendengarkan tentang bagaimana mengatasi kenakalan dari orang tua.Anak-anak dan kaum muda wajib menghargai orang tua.

Tapi jangan lupa,bahwa orang tua bukanlah malaikat, melainkan tetap manusia biasa yang bisa melakukan berbagai kesalahan,baik karena disengaja, maupun tidak sengaja.

Maka karena itu,kita harus sangat peka akan Kenakalan Orang Tua.Sudah banyak anak-anak yang menjadi korban dari kenakalan orang tua.Orang tua yang sepatunya menjadi panutan bagi sang anak ,malah menjadi kehancuran bagi mereka.

Bahkan orang tua sendiri tidak menyadari dengan hal tersebut, dan bahkan tidak jarang menyalahkan sang anak ketika melakukan kesalahan padahal kesalahan yang dilakukan sang anak adalah Boomerang dari orang tuanya sendiri.

Disini saya mewakili semua anak dengan kekawatiran dan ketidaknyamanan atas Kenakalan Orang Tua.Bilamana hal ini dibiarkan berlanjut maka semakin lama hal ini sangat membahayakan bagi pendidikan anak.Kerena anak-anak sangat kental dalam meniru perilaku orang tuanya.Anak-anak yang sering mendapatkan perlakuan kekerasan seperti dipukul dan disiksa semasa kecil maka dalam alam bawah sadarnya terbentuk suatu metode cara mendidik anak yang dicopy paste dari orang tuanya.
Jadi semestinya orang tua menjaga sikap di depan anak-anak, bukan seperti yang biasa kita dengar, anak-anak menjaga sikap didepan orang tua atau yang lain, coba anda kipirkan ketika ada orang tua bertengkar di depan anak, mengucap kata-kata kasar, memakai kekerasan fisik, dan hal-hal yang lain, sudah pasti psikis anak terganggu.
Bukan berarti sebagai orang tua kalau mendidik anak harus lemah lembut atau apa yang diinginkan anak orang tua akan mengabulkannya agar anak patuh atau anak lebih bersemangat dalam melakukan hal baik, malah sebaliknya juga anak-anak akan manja dan sangat bergantung pada orang tua, dia akan lebih berharap orang tua yang menyelesaikan segala apapun yang dia perbuat sendiri (tidak bertanggung jawab atas apa yang dia lakukan).

Nah Jadi menurut saya yang harus dilakukan orang tua itu adalah ketegasan bukan kekerasan dan kelembutan, ketegasan yang saya maksud adalah ketegasan yang membuat anak segan dan menghargai orang tua, cara membuat anak menghargai orang tua itu adalah dari orang tua itu sendiri,
Kelak ketika anak menjadi dewasa dan membentuk keluarga sendiri,maka hampir dipastikan ia akan menerapkan hal ini,yakni kekerasan sebagai jalan untuk mendidik anak-anak mereka.

Seandainya diadakan seminar tentang Kenakalan Orang Tua , mungkin sebagian besar akan protes karena kuatir wibawa orang tua anjlok dari langit ketujuh langsung ke bumi.

Makanya selama ini yang hampir setiap hari kita dengar dan baca dimedia ataupun dibahas diberbagai saluran televisi hanyalah tentang Kenakalan Remaja saja.

Mudah-mudahan para orang tua bisa sadar dan bisa merubah sikapnya menjadi lebih baik.Amin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.