Ibu Rumah Tangga Gembira Bawang Merah Pidie Murah

Bireuen, beritaterbit.com –  Bawang merah asal Kabupaten Pidie membanjiri pasar tradisional  berbagai Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen dan harganya murah dibandingkan dengan bawang merah dari daerah dan luar daerah lainnya.

Sejumlah ibu rumah tangga yang berbelanja, Rabu (18/12) di pasar tradisonal baik di Cureh maupun di kawasan Reuleut merasa gembira karena harganya murah dibandingkan bawang import lainnya.

Sejumlah pedagang bawang merah kepada beritaterbit.com di pasar Cureh menyebut, banjirnya bawang merah asal Pidie karena para pedagang langsung mengambil bawang merah dari petani Gampong sentra bawang merah di berbagai gampong di Kabupaten Pidie.

Petani bawang merah, ungkap Jailani (34) salah satu pedagang bawang merah lokal, di Bireuen dapat membantu ibu rumah tangga membeli harga murah, dari bawang merah import dengan harga dipatoknya sekitar Rp 45.000 perkg, sedangkan harga bawang lokal ini hanya Rp 25.000 – Rp 27.000 perkilogram, sehingga ibu rumah tangga merasa gembira, tambah Jailani bersemangat bersama Mahdi, keduanya  warga Kabupaten Pidie.

Sementara itu harga bawang putih maupun cabai merah, masih tinggi, menurut pedagang bawang putih asal Pulau Jawa maupun Import, harganya Rp 34.000 perkilogram sedang cabai merah bervariasi antara Rp 65.000 – Rp 70.000 perkilogram.

Sejumlah petani cabai diberbagai Gampong (desa) yang dihubungi menyebutkan bahwa banyak petani cabai,harus kerja keras dalam memelihara tanaman, sebab tanaman cabai mereka busuk busuk sebelum panen. (HER)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.