Cegah Knalpot Brong, Satlantas Aceh Timur Sisir Bengkel

Aceh timur, beritaterbit com- Kasatlantas Polres Aceh timur AKP Aditia Kusuma, mengimbau pemilik toko onderdil sepeda motor untuk selektif saat menjual knalpot racing atau brong. Demi mengantisipasi maraknya pengguna knalpot racing, Ia meminta knalpot yang bersuara cukup bising tersebut tidak dijual kepada sembarang pembeli.Kamis (5/3/2020).

“Ini (knalpot racing) sebenarnya di negara yang sudah maju ada istilahnya competition use only. Hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat kompetisi, balapan, dan lain sebagainya, tidak digunakan untuk harian.

Menurutnya, knalpot standar dari produsen sepeda motor telah sesuai dengan kebutuhan keselamatan maupun segi efisien. Sehingga pengendara tidak perlu mengganti hanya untuk menambah suara yang ditimbulkan.

“Pabrikan kendaraan sudah merancang dengan silencer atau peredam itu tujuannya hemat bahan bakan dan tentunya tidak mengganggu pengguna jalan lain,” sebutnya.

Ia mengatakan,ambang batas suara yang ditimbulkan dari knalpot sepeda motor telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 7 tahun 2009.

“Batas kebisingan knalpot yang diperkenankan untuk motor sampai 150cc itu kondisi stasioner di angka 85 desible. Untuk di atas 200cc ditoleransi 105 desible,” ucapnya.(Dd)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.