SUMUR TUA TEUNGKU CHIEK DI PALOH DIBUKIT RAMBONG TIDAK PERNAH KERING WAKAU KEMARAU PANJANG

Nisam, beritaterbit.com – Sebuah sumur tua milik Teungku Chiek di Paloh yang terletak di Desa Blang Poroh Bukit Rambong Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara tidak pernah kering walau kemarau panjang sekalipun terjadi, demikian disampaikan Tgk Jailani kepada berita terbit ( minggu 7/2 ) di Nisam.

Menurut Jailani ( 35 ) bahwa sumur tua itu yang berada di desa Blang Poroh diatas bukit Rambong pada ketinggian 200 meter diatas permukaan laut sudah ada sejak zaman penjajahan belanda yang dibuat oleh Tgk Chiek di Paloh sebagai tabir mimpi beliau dan dimanfaatkan untuk mendirikan Dayah tempat belajar awal Alquran dan Alkitab lainnya.

Sekarang walau kemarau panjang tidak pernah kering sumur tua yang dalambya mencapai 5 meter, itu. Oleh masyarakat Blang Poroh memamfaatkan datang ke bukit membawa jerigen mengambil air untuk kebutuhan rumah tangga.

Camat Kecamatan Nisam antara Irsyan Muhammad S.Sos bersama masyarakat setempat beberapa bulan yang lalu pernah singgah disumur tua milik Tgk Chiek di Paloh. Kata Irsyan perlu dilakukan pemugaran baik sumur, balai ibadah dan musalla. Sehingga nantinya akan menjadi wisata islami bagi masyarakat.

Bila disurvei dengan sungguh sungguh dan melakukan kajian ilmiah dengan melibatkan unsur Bappeda Kabupaten Aceh Utara dan Universitas, besar kemungkinan disitu sumber mata air yang bisa mengairi kedataran rendah untuk dimamfaatkan air oleh masyarakat setempat. ( Faiz )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.