Sebanyak 4.036 KK Di Muko-Muko Menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap ketiga

Muko-Muko, beritaterbit.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, meminta pemerintah desa untuk segera membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap ketiga sekaligus tiga bulan.

“Saat ini pembagian BLT Dana Desa tahap ketiga mulai bulan Juli, Agustus, dan September 2023. Bagi desa yang sudah mencairkan dana BLT untuk segera membagikannya supaya desa bisa mengajukan BLT tahap keempat,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak 4.036 keluarga miskin di daerah itu menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap ketiga Juli, Agustus, dan September 2023.

Ia memastikan, tidak ada perubahan data jumlah keluarga warga miskin di daerah ini yang menerima BLT-DD sampai bulan Desember 2023.

Ia menyebutkan, sebanyak 4.036 keluarga warga yang termasuk dalam kemiskinan ekstrim yang menerima BLT-DD tersebut tersebar di 148 desa di daerah ini.

Namun setiap desa di daerah ini mengalokasikan Dana Desa untuk BLT-DD bervariasi tetapi minimal 10 persen bahkan ada yang mencapai 25 persen.

“Kalau berdasarkan ketentuan aturannya minimal di atas 10 persen, ada juga desa yang mengalokasikan Dana Desa sebesar 25 persen untukBLT-DD,” ujarnya.

Camat V Koto Ali Muksin mengatakan, baru empat dari 10 desa di wilayah ini yang telah membagikan BLT-DD kepada KPM, selanjutnya masih enam desa lagi di wilayahnya yang belum membagikan BLT-DD.

“Hari Jumat (13/10) ada beberapa desa lagi di wilayah ini yang akan membagikan BLT-DD kepada warganya,” ucapnya.

Ia mengatakan, sebelumnya beberapa desa di wilayah ini kewalahan mencari warga yang memenuhi syarat menerima BLT-DD, ada warga lanjut usia dan penyakit menahun di daerah ini yang dimasukkan sebagai penerima BLT-DD.

Ia memastikan, semua desa di wilayah ini memenuhi persyaratan menerima BLT-DD sesuai dengan ketentuan yakni di atas 10 persen.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.