Pemkab Rejang Lebong Gelar Sosialisasi Penata Usaha Keuangan Bagi Pejabat PPTK dan Bendahara

Rejang Lebong,Better.com– Bertempat di Gedung Pola Pemkab Rejang Lebong, Bagian Administrasi Setdakab Rejang Lebong, Kamis pagi, 7 Februari 2019, menggelar Sosialisasi Penata Usaha Keuangan Bagi Pejabat Pelaksana Teknis Keuangan, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Pembantu dan Staf Pengelola Keuangan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Upik Zumratulaini, M Si, didampingi oleh Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Setdakab Rejang Lebong, Istiati Ida, serta dihadiri peserta sosialisasi yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjabat sebagai bendahara di lingkungan Setdakab Rejang Lebong.

Kabag Keuangan Setdakab Rejang Lebong, Istiati Ida mengatakan, sosialisasi penata usaha keuangan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Pejabat Pelaksana Teknis Keuangan (PPTK), Bendahara Pengeluaran, Bendahara Pembantu dan Staf Pengelola Keuanga dalam mengelola keuangan daerah.

“Dengan diadakannya sosialisasi ini para PPTK dan bendahara akan lebih memahami fungsi dan tugas masing-masing sehingha penataan usaha keuangan di Pemkab Rejang Lebong menjadi lebih baik lagi,” ujar Ida.

Ida menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi ini memang secara bertahap sesuai tahapan proses pelaksanaan kegiatan. Diawal yaitu perencanaan dan sekarang penata usahaan keuangan.

“Penata usahaan keuangan lebih ke persyaratan pengajuan, kelengkapan laporan, dan penyusunan peng SPJ an, kemudian tatacara pengajuan Surat Perintah Pencairam Dana (SP2D), Penyusunan dan Pengajuam Surat Perintah Pembayaran (SPP) dan Surat Perintaj Membayar (SPM),” tambahnya.

Untuk peserta sendiri, lanjut Ida, hanya PPTK dan bendahara dilingkungan Sekretariat saja. Diharapkan peserta sosialisasi ini dapat menjadi contoh dan rujukan untuk penata usaha keuangan di masing-masing OPD nantinya.

‘Jika OPD lain ada kendala kan bisa sharing dengan bendahara Sekretariat. Karena kan peraturan keuangan berubah-ubah terus dan harus diikuti perkembangannya,” ungkapnya. (and)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.