Pemkab Blitar Melalui Dispertapa, Dorong Petani Tingkatan Produktivitas dengan Penggunaan Alsintan

Kab Blitar, Beritaterbit.com – Dalam rangka mendorong petani untuk meningkatkan produktivitas dengan cara mekanisasi atau penggunaan alsintan. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar menyalurkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kepada kelompok petani (Gapoktan) disejumlah tempat.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, Dwi Martono mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan sejumlah bantuan Alsintan kepada petani. Dengan pemanfaatan alsintan tersebut diharapkan dapat mengatasi kondisi lahan dan perubahan iklim.

“Dengan petani sudah mulai memanfaatkan peluang maupun teknologi yang diberikan oleh pemerintah, ditahun 2020 ini sektor pertanian di Kabupaten Blitar sudah menunjukkan program yang bagus,” tutur, Dwi Martono kepada awak media Minggu (22/11/2020).

Lebih lanjut Dwi Martono mengatakan, Dinas Pertanian dan Pangan telah membagikan alsitan diantaranya 3 Hand traktor yang dibagikan kepada kelompok tani di Desa Maron, Suruhwadang Kecamatan Kademangan dan di Kelurahan Nglegok Kecamatan Ngegok. Selanjutnya ada 2 alat Rice Transplanter yang juga dibagikan kepada poktan Desa Plumbangan Kecamatan Doko dan Desa Besuki Kecamatan Udanawu.

Selain itu ada 4 pompa air yang dibagikan di Desa Jugo Kecamatan Kesamben, Desa Bence Kecamatan Garum, Desa Krisik Kecamatan Gandusari dan Desa Salam Kecamatan Wonodadi. Sedangkan Desa Kebonsari, Suruhwadang, Bendosari dan Desa Maron yang berada di Kecamatan Kademangan dibagikan 200 cangkul.

“Ini mau datang lagi alsintan yang akan direncanakan diberikan kepada kelompok tani penanam Jagung di Kecamatan, Nglegok, Sanankulon dan Srengat. Lalu ada 2 alat pompa air yang juga diberikan kepada poktan di Kecamatan Selorejo, ” ujarnya.

Martono juga menambahkan, semua alsintan yang diajukan oleh kelompok tani harus ada verifikasi dari mantri tani. Sebab, jangan sampai bantuan yang diberikan tidak tepat untuk daerah tersebut, karena tidak akan berguna.

“Dengan bantuan alsintan ini nantinya produktivitas pertanian tidak terganggu. Para petani di wilayah Kabupaten Blitar bisa semakin sejahtera dan makmur, dengan bertambahnya hasil panennya. (San/adv Kmf)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.