Ops Ketupat, Polres Luwu Siap Pastikan Mudik Aman dan Nyaman

Luwu, SulSel/beritaterbit.com – Apel gelar pasukan ops ketupat 2022 dari unsur TNI, Polri, Senkom, Dishub, Damkar, BPBD digelar di Mapolres Luwu, pada Jum’at (22/4) pagi.

Apel ops ketupat digelar sebagai wujud sinergi polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan idul fitri 1443 H.

Secara simbolis, Sekertaris Daerah Kabupaten Luwu, H Sulaiman yang hadir sebagai pembina upacara menyematkan pita ops ketupat tahun 2022 ke sejumlah perwakilan apel.

Mewakili Bupati Luwu, H Sulaiman kemudian membacakan pesan seragam Kapolri dalam pelaksanaan ops ketupat.

“Kebijakan pemerintah yang tidak melarang masyarakat mudik, sehingga diperkirakan mobilitas masyarakat mudik akan lebih tinggi sehingga perlu memperhatikan kedisiplinan dalam menerapkan Protokol Covid-19. Kemudian, mendorong pengelola tempat wisata memastikan aplikasi peduli lindungi digunakan, melaksanakan penjagaan dan pengamanan idul fitri, Mengawasi terpenuhinya persyaratan perjalanan mudik pada berbagai moda transportasi, Melakukan testing dan tracing, random chek swab antigen, melakukan manajemen rekayasa lalulintas,” kata Sualiman membacakan.

Selain itu, ia berharap harga dan kelangkaan bahan pokok, antrean dan kelangkaan bbm, kejahatan konvensional, penyakit masyarakat, konflik buruh, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, hingga perkelahian, perlu untuk diperhatikan.

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Luwu, AKP Muh. Ali menerangkan jika pada ops kali ini, Polres Luwu mendirikan tiga posko pada lokasi berbeda. 2 posko pelayanan didirikan di kecamatan Ponrang dan Kecamatan Walenrang, sedangkan satu posko pengamanan didirikan di jantung kota Belopa.

“Ada perintah Kakorlantas, tidak ada penyekatan, mudik aman dan nyaman. Jadi fungsi posko memang untuk membantu masyarakat, di posko juga nanti kita ada tenaga kesehatan, siapa tau ada masyarakat ingin melakukan vaksin, bisa di posko,” kata Muh. Ali.

Dalam upaya mencegah kecelakaan pada sejumlah titik rawan, Satlantas Polres Luwu sementara mempersiapkan sejumlah spanduk berupa imbauan kepada masyarakat, sehinga masyarakat dapat berhati-hati ketika melalui titik tersebut

“Rawan laka itu ada di ponrang, kita akan membuat spanduk berupa imbauan, agar masyarakat bisa mengikuti aturan yang ada, sehingga bisa terhindar dari kecelakaan,” tegas Muh. Ali.

Untuk diketahui, sebanyak 64 Personil Polres Luwu, 18 anggota TNI 18 tenaga Kesehatan, 18 anggota BPBD, 18 personil damkar, 18 anggota satpol PP, dan 18 Senkom siap diterjunkan untuk menyukseskan ops ketupat tahun 2022. (Hms)

Laporan : Yana
Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.