Mengawal Han Pangan di Wilayah, Babinsa 1302-09/Langowan Dampingi Warga Binaannya Keringkan Padi

Minahasa, beritaterbit.com – Para petani padi yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa khususnya di Kecamatan Langowan saat ini sedang melaksanakan pengeringan padi yang telah selesai dipanen

Bintara Pembina Desa (Babinsa) 1302-09/Langowan Sersan Satu (Sertu) Charles Pantow terjun langsung mengawal Ketahanan Pangan (Han pangan) di wilayah binaannya untuk membantu salah satu warganya menjemur padi bertempat di Desa Tempang, Kecamatan Langowan.

Tanaman padi (Gabah) ini adalah merupakan pangan pokok penghasil karbohidrat yang sangat penting. Setelah proses panen selesai, gabah ini harus dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari untuk mengurangi kadar airnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sertu Charles bersama petani warga binaannya. Dengan alat sederhana terlihat mereka sedang meratakan Gabah agar proses penjemurannya dapat berjalan dengan cepat dan maksimal, yang kemudian nantinya akan digiling dan dapat menghasilkan Beras yang berkualitas.

Sementara itu, Pengganti Sementara (Pgs) Danramil 09/Langowan Letnan Dua (Letda) Inf Lendy Lengkey menjelaskan, “Kegiatan Han pangan setiap waktu dilakukan oleh para Babinsa di wilayah, ini adalah salah satu bentuk upaya kita sebagai Aparat kewilayahan untuk memastikan ketersediaan serta meningkatkan kualitas pangan para petani di wilayah teritorial kita yang harapannya kedepan hasil pertanian akan semakin meningkat,” katanya.

Lanjut Pgs Danramil, “Upaya pendampingan terhadap petani dalam meningkatkan hasil pertanian ini adalah merupakan kegiatan aparat kewilayahan, gunanya untuk menjaga ketersediaan bahan pangan agar di wilayah kita tidak terjadi krisis pangan. Sebagai satuan teritorial kami wajib membantu pemerintah daerah dalam hal ini, oleh karena itu saya tekankan kepada para Babinsa di wilayah Langowan ini agar selalu hadir ditengah-tengah para petani,” tandasnya. (Dirman)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.