Kue Kering Mulai Dilirik Warga Bireuen, Dan Tukang Jahit Sepatu Panen Orderan

Bireuen, beritaterbit.com – Walaupun Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah Tahun 2020 masih satu pekan lagi, pedagang kue kering dan tukang jahit sepatu, mulai panen orderan dari warga masyarakat khususnya umat muslim di Bireuen.

Hal ini sebagaimana hasil monitoring media ini, Minggu Sore (17/05) tempat penjualan pedagang kue kering di pasar jalan pengadilan negeri lama juga berdekatan pula dengan sejumlah tukang jahit sepatu bekas, mulai sibuk melayani warga untuk kedua hal ini.

Khususnya bagi pedagang berbagai jenis makanan ringan kue kering, banyak permintaan untuk membuat kue ini,berbagai variasi dan jenis juga harga, menurut salah seorang ibu penjual kue kering, yang dijumpai, mengatakan kue kering pada bulan biasa banyak juga permintaan dan laku.

Tetapi memasuki bulan suci ramadhan, penjualan masih stabil, namun jelang lebaran semakin meningkat permintaan segala jenis kue kering, mulai kue kring, dodol, kue seupet, keukarah yang umum kue tradisional Aceh,laku keras untuk dibawa pulang dan pada saat lebaran tiba  nanti, disuguhi kepada tamunya, waktu silaturahmi ke rumah,ujar Ibu Sakdiah 35, warga kota Bireuen, saat membeli kue itu.

Kue kering ini, dibuat oleh ibu ibu rumah tangga sebagai home industri, di gampong gampong,untuk menyambut lebaran produksi meningkat pada bulan biasa, hanya pesanan untuk intat linto dan dara baro, kami ambil untung sedikit dari penjualan kue ini, sebab harga mau Rp 5000/bungkus sampai Rp 60.000/kg, sebut sejumlah pedagang yang dihubungi secara terpisah.

Sementara itu, pula tukang jahit sepatu bekas dan selop atau sandal, juga mulai terasa banyak order dari kalangan ibu ibu, dibawa kemari untuk diperbaiki agar sepatu bekas berbagai corak dan model, yang sudah agak rusak di poles dengan baik bahkan kadang kala sepatu dan sandal bagus baru dibeli, harga mahal  disuruh jahit kembali pada kami, ongkos mulai Rp 10.000 sampai Rp 20.000/pasang, untuk dipakai lebaran, ungkap pak Hasan.

Jadi, kedua pelaku ekonomi ini baik pedagang kue kering dan penjahit sepatu, profesi sangat mulia ini, juga hasilnya dinikmati bersama keluarganya,sejak memasuki bulan suci ramadhan dan jelang lebaran, bertambah pendapatan rizkinya.

Walaupun harga kue kering dan basah berveriasi sesuai permintaan juga tukang jahit sepatu, yang penting peluang ini, ditekuni secara baik dan dikerjakan berkwalitas kepuasan pelanggan, sebut mereka (RJibro).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.